Pengembangan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM (Studi Empirik Pada UMKM Pande Besi di Wonosobo)
Keunggulan bersaing, kompetensi kewirausahaan, jaringan bisnis, tekanan kompetensi, kreativitas inovatif, Structural Equation Modeling (SEM), Mediasi
Abstract
Indonesia memasuki ke era industri 4.0 dengan mempersiapkan sebanyak- banyaknya meningkatkan kompetensi SDM yang berkualitas. Peningkatan SDM tersebut diharapkan bisa menjadi motor penggerak teknologi pembentukan pabrik cerdas menjadi lebih cepat. Selain itu, SDM yang mumpuni juga merupakan aktor utama yang bisa menghadapi persaingan bisnis dan unggul dalam bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar kemampuan dan kompetensi kewirausahaan para pengusaha pande besi di Wonosobo punya keunggulan untuk bersaing di pasar global.
Dilihat dari permasalahan yang diteliti, penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan dan pengaruh (sebab-akibat) dari dua atau lebih fenomena (Sekaran 1992), melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus sampling dari 123 responden yang diambil seluruhnya pada populasi. Adapun metode pengumpulan data digunakan dengan menggunakan kuesioner, kemudian jawaban dari responden di skor dengan menggunakan skala linkert. Setelah dilakukan uji dengan statistik menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) maka diperoleh hasil bahwa semua variabel yang diujikan positif dan signifikan dan uji mediasi digunakan alat uji Sobel Test.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Kompetensi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Jaringan bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Tekanan kompetisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas inovasi. Jaringan bisnis memediasi pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pengusaha pande besi di Wonosobo. Kreativitas inovasi memediasi pengaruh tekanan kompetisi terhadap keunggulan bersaing pengusaha pande besi di Wonosobo.
Downloads
References
Alison Morrison. 2000 "Entrepreneurship: what triggers it?", International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, Vol. 6 Iss: 2, pp.59 - 71
Ardiana, I.D.K.R., I.A. Brahmayanti, Subaedi. 2013. Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Bisnis Manajemen. 1(1): 34-43
Armstrong, Kotler. 2007. An Examination of Orientasi kewirausahaan in Public Accounting. Accounting. Journal of Organizations and Society. 6 (4): 271-280.
Bachtiar, Rifai. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Pada Usaha Mebel (Studi Kasus Pada UKM UD. Agung Mebel Desa Ciwalen Kabupaten Cianjur). Jurnal Ilmiah. 6 (2): 71-80.
Boyd., Walker., dan Larrche. 2000. Manajemen Pemasaran Sesuatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Kewirausahaan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
BPS Badan Pusat Statistik. 2012. Buku Pedoman Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS). [Internet]. [dikutip tanggal 11 agustus 2015] Jakarta: dapat diunduh dari: http://bps.go.id atau http://bangkebkab.go.id
Debbie Liao and Philip Sohmen. 2001. The Defelopment Of Modern Entrepreneurship in China. Stanfod Journal of East Asia Affair. 1(1): 20-21
Faizan Mohsan, Muhammad Musarrat Nawaz, M. Sarfraz Khan, Zeeshan Shaukat, Numan Aslam.2014.“Are Employee Motivation, Commitment and Job Involvement Inter-related: Evidence from Banking Sector of Pakistan”. International Journal of Business and Social Science Vol. 2 No. 17 www.ijbssnet.com
Ferdinand, A. (2014). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 17. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 1999. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Terjemahan Anton Siregar). Jakarta, Erlangga.
Purwanto, H., & Trihudiyatmanto, M. (2018). Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 1(1), 42-52.
SAKERNAS Survey Angkatan Kerja Nasional. 2014. Data tingkat pengangguran di indonesia. [Internet]. [dikutip tanggal 20 September 2015] jakarta:
Schumpeter, Joseph A. 1989. Essays on Entrepreneurs, Innovations, Business Cycles, and the Evolution of Capitalismed. London: Transaction.
Setiawan, Rivai. 2005. Analisis Terhadap Penerapan kompetensi Sumber daya manusia Pada UKM Pande besi di Jimbaran Bali. Jurnal Ilmiah. 20(3): 11-20
Suara Merdeka. 2014. 24 Tahun Bertahan Menjadi Perajin Golok. Semarang
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS. Penerbit ANDI: Yogyakarta
Suparwono. 2015. Pengaruh Kompetensi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha ( Studi Kasus di Sentra UMKM Pande Besi di Desa Krasak Kecamatan Mojotengah ). Skripsi FE UNSIQ
Wan Fauziah, Wan Yusoff, Tan Shen Kian. 2013. “Generation Differences in Work Motivation: From Developing Country Perspective” International Journal of Economy, Management and Social Sciences, 2(4) April 2013, Pages: 97-103