Faktor Lingkungan Terhadap Niat Pengguna Crowdfunding (Studi Kasus Pada Platfrom Kitabisa.com)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana lingkungan mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan crowdfunding, dengan fokus pada studi kasus pada platform Kitabisa.com. Crowdfunding telah menjadi metode yang populer untuk menggalang dana secara online, dan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor lingkungan yang memengaruhi minat pengguna dapat memberikan wawasan berharga bagi pengelola platform crowdfunding dan para peneliti di bidang ini. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden pengguna Kitabisa.com yang aktif dalam kegiatan crowdfunding. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi untuk menguji hubungan antara variabel lingkungan dan niat pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan memiliki pengaruh signifikan dan signifikan terhadap niat pengguna dalam menggunakan crowdfunding. Faktor-faktor lingkungan yang memengaruhi niat pengguna antara lain tingkat kesadaran sosial dan kondisi ekonomi masyarakat dapat memengaruhi niat mereka untuk melakukan donasi, niat untuk melakukan donasi juga dipengaruhi oleh sejauh mana pengguna peduli terhadap isu atau masalah yang sedang didonasikan, Paparan terhadap informasi melalui media massa atau sosial juga dapat memengaruhi minat pengguna untuk melakukan donasi, pengguna cenderung lebih termotivasi untuk melakukan donasi jika mereka percaya pada kredibilitas dan transparansi organisasi penerima donasi seperti kitabisa.com. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang bagaimana lingkungan memengaruhi niat pengguna dalam menggunakan crowdfunding. Kesimpulannya, lingkungan memiliki peran yang signifikan dalam membentuk niat pengguna dalam menggunakan crowdfunding.
Downloads
References
Amalia, N. … Bogor, I. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Milenial Berdonasi Online Melalui Crowdfunding Platform: Studi Pada Kitabisa.Com. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 08(2), 181–194.
Athirah, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, dan Media Sosial Terhadap Minat Masyarakat Berdonasi Via Platform Cowdfunding Kitabisa.com (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 1–13.
Budiman, J., & Andriani, N. (2019). Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers ANALISIS PENGARUH SUBJECTIVE NORMS, PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL MELALUI ATTITUDE SEBAGAI INTERVENING TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA COFFEE SHOP DI BATAM. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS189, 189–200.
Cheung, C. M. K. … Limayem, M. (2003). eTransformation Online Consumer Behavior : A Review and Agenda for Future Research. International Journal of Electronic Commerce, 4pp(Fishbein 1967), 194–218. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.97.6304&rep=rep1&type=pdf
Dewi, M. K. (2022). Kitabisa.com: Merajut Kebaikan Lewat Teknologi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, CELEB FEB UI (celeb-febui@ui.ac.id).
Faradilah, V. … Lestari, D. N. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berdonasi melalui Platform Crowdfunding Yayasan Hubbul Wathon Kebumen. Economics, and Entrepreneur, 1, 106–239.
Febrida, R., & Oktavianti, R. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Persepsi Konsumen (Studi terhadap Pelanggan Iklan Tiket.com di Youtube). Prologia, 4(1), 179. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6471
Fifaldyovan, M. I., & Supriyanta, S. (2021). Determinan Minat Penggunaan Fintech. Muara Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 4(2), 11–17.
Liswani, E., & Wahyuningsih, T. (2019). PENGARUH STIMULI PEMASARAN DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR TRADISIONAL Dosen Universitas Muhammadiyag Palembang. E-Jurnal Universitas Muhammadiyah Palembang.
Maghfira. (2019). Efektivitas Kitabisa.com Sebagai Media Crowdfunding Dalam Mendukung Pertumbuhan Wakaf Sosial. 19–28. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17454/1/Efektivitas Kitabisa.com Sebagai Media Crowdfunding Dalam.pdf
Marheni, D. K., & Melani, G. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan Mobile Payment pada Masyarakat Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 804–815. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.399
Muliana … Muhammad Ikhsan Harahap. (2023). Analisis Pengembangan Fintech Securities Crowdfunding (SCF) Syariah Menurut Pandangan Maqasid Syariah Menggunakan Metode Nvivo. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 233–246. https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(2).14116
Nafidzah, I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berdonasi secara Online di Kitabisa.com. Jurnal Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya, 1–20.
Ningsih, D. S. … Wahyudi, R. (2022). Lending Dan Crowdfunding Di Indonesia. JASIE-Journal of Aswaja and Islamic Economics, 01(02), 102–120. https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/JASIE/index
Nugroho, A. Y., & Rachmaniyah, F. (2019). Fenomena Perkembangan Crowdfunding Di Indonesia. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), 34. https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.254
Permatasari, I. (2023). The Effect Of Motivation Towards Donating Behavior At Kitabisa Platform. JAMB (Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis), 4(1), 56–65.
Safira Hasna, & Irwansyah. (2019). Pengaruh Inovasi Crowdfunding Terhadap Keputusan Berdonasi. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 144–156. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v10i2.2719
Teddy, A. … Zuliestiana, S. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung the Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Purchase Decisions Through Gofood Application in Bandung City. E-Proceeding of Management, 7(2), 5422–5428.
Zakaria, R., & Satyawan, M. (2023). Strategi Implementasi Fintech Reward Crowdfunding di Indonesia Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 145–167. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i02.328