Implementasi Analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process Dalam Menentukan Strategi UMKM Ayam Geprek Bakar Nusantara Jaya
Abstract
Ayam Geprek Bakar Nusantara Jaya merupakan UMKM yang bergerak di bidang kuliner sejak tahun 2022. Kurangnya fasilitas dan banyaknya pesaing menyebabkan bisnis ini belum berjalan secara optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi analisis SWOT dan metode AHP dalam menentukan strategi terbaik untuk perkembangan bisnis. Penelitian menggunakan metode analisis SWOT dan AHP untuk menentukan faktor internal dan eksternal kemudian merumuskan alternatif strategi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian diperoleh prioritas strategi berada pada posisi kuadran I dengan angka (1,73 dan 1,85) yang artinya fokus strategi kearah Strengths dan Opportunities yaitu menggunakan kekuatan untuk memaksimalkan peluang, dimana strategi SO yaitu pertama mempertahankan harga dengan kualitas produk yang sama, kedua meningkatkan fasilitas dan inovasi produk untuk mempertahankan konsumen. Adapun strategi lainnya yaitu strategi WO dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan tidak berpindah ke tempat lain dan membuat packaging yang menarik agar pelanggan mengetahui produk. Strategi ST dengan mempertahankan kualitas dan kepercayaan konsumen terhadap produk dan membuka jasa untuk pemesanan online. Strategi WT yaitu meningkatkan kecepatan pelayanan dan perluasan tempat usaha agar pelanggan tidak kecewa serta menjaga kebersihan tempat usaha.
Downloads
References
Alifia, R. D., Adani, R., Zahrah, A. N., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Strategi Perencanaan Bisnis untuk Meningkatkan Keberhasilan Usaha. Economics And Business Management Journal, 3(1), 1–7.
Ayu, K., Dewi, R., Putra, S. M., & Kadang, J. (2023). Strategi Pengembangan Usaha dalam Meningkatkan Pendapatan pada Usaha Ayam Geprek D & A. NGABDI, 1, 61–72.
BPS. (2023). Statistik eCommerce 2022/2023.
DataBoks. (2023). Makanan Nusantara Jadi Kategori Terbanyak yang Dijual UMKM Indonesia pada 2022. 2022, 4–5.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM ) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu , Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 493–498.
Fitriani, R., Suseno, A., Fadilah, A., Ainun, F., & Pramudya, A. (2023). Integrasi AHP , SWOT , dan QSPM untuk Pengembangan Strategi Keberlanjutan UMKM Kecap Segi Tiga. SENASTI, 1017–1027.
Hubeis, M. (2019). KAJIAN POTENSI EKONOMI KULINER LOKAL DI DAERAH BOGOR, JAKARTA DAN SOLO. Jurnal Manajemen Bisnis, December. https://doi.org/10.31000/jmb.v8i2.1553
Kartika, S., Bhayangkari, W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Ekonomis, 5(September), 434–438. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.401
Komariah, Ainur, S., & Sari, Maria, P. (2022). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KULINER DI MASA ( STUDI KASUS RUMAH MAKAN DI KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN SUKOHARJO). Seminar Nasional UNIBA, 978–979.
Munthe, A. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. JEBMAK, 2(3).
Nazarudin, H. (2020). MANAJEMEN STRATEGIK. CV.Amanah.
Panudju, A. T., Bhayangkara, U., Raya, J., Purba, F., Mangkurat, U. L., Nurbaiti, S., Kesehatan, P., Semarang, K., Kalalinggi, S. Y., & Raya, U. P. (2024). Metodologi penelitian (Issue February). CV. Gita Lentera.
Pratiwi, H. (2020). METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS.
Putranto, A., & Wijayanti, R. (2018). Penerapan Analisis SWOT dan Five Forces Porter Sebagai Landasan untuk Merumuskan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Pada Tin Panda Collection di Kabupaten Magelang). JEMATech, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.209
R, S. A. (2017). ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN AYAM DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Galung Tropika, 6(August), 174–184.
Safitri, P., & Zakia. (2019). Strategi bisnis dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha kecil menengah kopiah resam mentari kota pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Manajemen & Bisnis, 20, 61–74.
Sari, D. (2020). ANALISIS STRENGHT WEAKNESS OPPORTUNITY THREAT ( SWOT ) DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PENJUALAN ROTI. PRAGMATIS, 1(2008), 7–14.
Wati, E. F. (2021). The Combination of AHP ( Analytic Hierarchy Process ) and SAW ( Simple Additive Weighting ) Methods in the Selection of Business Locations. International Journal of Information System & Technology, 5(36), 323–330.