Keputusan Pembelian Bisnis pada Pelaku UMKM Kuliner di Kota Karawang
DOI:
https://doi.org/10.32500/jematech.v8i2.7362Keywords:
Keputusan Pembelian, UMKM Kuliner, Perilaku KonsumenAbstract
Industri kuliner di Kota Karawang mengalami pertumbuhan pesat, mendorong banyak UMKM untuk membuka usaha, sehingga keputusan pembelian bahan baku dan peralatan menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian pada pelaku UMKM kuliner. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif melalui kuesioner kepada 30 responden, mencakup faktor-faktor seperti kualitas produk dan harga. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel, dengan Cronbach's Alpha 0,925. Hasil menunjukkan pelaku UMKM mengambil keputusan sesuai dimensi pengambilan keputusan, dengan nilai rata-rata antara 3,68 hingga 4,54.
References
Effendi Nur, Harahap Delila, Nelvia Risni, & Marthika Laula. 2022. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm di Kabupaten Bungo. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(3), 469–480.
Eliska S.P Ningsih. (2019). Pengaruh Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee. Universitas Muhammdiyah Surakarta.
Habibullah Ardian, Sugiyono. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pocari Sweat Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 10(3).
Kotler Philip, & Keller Kevin. 2012. Marketing Management (14th ed.). Pearson.
Kotler Philip. 2009. Marketing management [Manajemen Pemasaran]. Pearson Prentice Hall.
Malau Sallimah, & Aslam Nuri. 2021. Analisis Faktor Perilaku Pembelian Bisnis terhadap Pasar Bisnis. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 202–212.
Marsindi Agita, Sutopo. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tas Pada UD. Cindy Semarang. Dharma Ekonomi. 29(2). 77-90.
McKinsey & Company. 2023. The future of work after COVID-19.
Mutiara Sari. 2022. Analisis Perilaku Pembelian Bisnis Dan Pasar Bisnis. Jurnal Pusdansi, 1(12).
Nurmalasari Lilis. 2021. Pengaruh Social Media Marketing Dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Umkm Bidang Kuliner). E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 9(3), 288–300.
Poluakan Indah, & Pangemanan Sifrid. 2014. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm di Kabupaten Bungo. Jurnal EMBA, 2(3), 1183–11911.
Schiffman Leon, & Kanuk Leslie. 2010. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm di Kabupaten Bungo (10th ed.). Pearson Prentice Hall.
Sukanto. (2016). Manajemen Pembelian: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Pustaka Binus.
Wati K.N Wati. 2023. Tahapan Proses Pembelian Pasar. Jurnal Pusdansi, 2(6).
Wiliana Eneng, & Purwaningsih Nining. 2022. Pengaruh Digital Marketing dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Kuliner Di Kota Tanggerang Di Masa COVID-19. MAMEN Jurnal Manajemen, 1(3), 242–251.
