Aplikasi Kredit Pintar Bagi Pengguna (Ditinjau Dari Segi Kemanfaatan)
DOI:
https://doi.org/10.32500/jematech.v8i2.7048Keywords:
financial technology; peer-to-peer lending; technology acceptance model; kredit pintar.Abstract
Era pertumbuhan teknologi saat ini membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat sehari-hari, khususnya dalam bidang perdagangan. Peneliti dan pengguna teknologi perlu menerapkan Technology Adoption Model (TAM), yang membantu menjelaskan bagaimana pengguna teknologi bertindak di dunia yang terglobalisasi. Evaluasi literatur ini dikembangkan untuk melakukan analisis menyeluruh, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang TAM, dan menentukan kegunaannya sebagai basis penelitian untuk platform fintech Kredit Pintar. Definisi, evolusi teoritis, penelitian teoritis, dimensi dan indikator, referensi, dan rekomendasi untuk studi tambahan diperoleh melalui evaluasi mendalam terhadap sejumlah bahan referensi yang memiliki reputasi baik.
References
Fussell, S. G., & Truong, D. (2021). Using virtual reality for dynamic learning: an extended technology acceptance model. Virtual Reality, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10055-021-00554-x
Gupta, C., Gupta, V., & Stachowiak, A. (2021). Adoption of ICT-Based Teaching in Engineering: An Extended Technology Acceptance Model Perspective. IEEE Access, 9, 58652–58666. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3072580
Hanggono, A. A., Handayani, S. R., & Susilo, H. (2016). ANALISIS ATAS PRAKTEK TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL) DALAM MENDUKUNG BISNIS ONLINE DENGAN MEMANFAATKAN JEJARING SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1–9.
Hu, Z., Ding, S., Li, S., Chen, L., & Yang, S. (2019). Adoption intention of fintech services for bank users: An empirical examination with an extended technology acceptance model. Symmetry, 11(3). https://doi.org/10.3390/sym11030340
Ilmi, M., Setyo Liyundira, F., Rachmawati, A., Juliasari, D., & Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. Relasi : Jurnal Ekonomi, 16(2), 436–458. https://doi.org/10.31967/relasi.v16i2.371
Martono, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Fintech Lending. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (JEBIK), 10(3), 246–262.
Mousa, A. H., Mousa, S. H., Aljshamee, M., & Nasir, I. S. (2021). Determinants of customer acceptance of e-banking in Iraq using technology acceptance model. Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), 19(2), 421–431. https://doi.org/10.12928/TELKOMNIKA.v19i2.16068
Nugroho, H., Suhud, U., Ekonomi, F., & Jakarta, U. N. (2019). PENERAPAN PENGEMBANGAN TEORI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) DAN MOTIVASI TERHADAP INTENSI MAHASISWA DI JAKARTA UNTUK MENGGUNAKAN. Journal of Communication Studies, 5(1), 45–64.
Pramudana, K. A. S., & Santika, I. W. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 2247. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i10.p02
Singh, S., & Srivastava, P. (2019). Social media for outbound leisure travel: a framework based on technology acceptance model (TAM). Journal of Tourism Futures, 5(1), 43–61. https://doi.org/10.1108/JTF-10-2018-0058
Siswoyo, A., & Irianto, B. S. (2023). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 7(2), 1196–1205. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1440
Wida, P. A. M. W., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). APLIKASI MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)PADA PERILAKU PENGGUNA INSTAGRAM. JUIMA, 6(2), 5–24.
