Fenomena Korean Wave dan Brand Image Produk Korean Food Pelanggan Lawson

  • Adelia Fitri Anjani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alan Fajar Fadhilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Novia Syafa’a Zahra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Fajar Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords:
Korean Wave, Keputusan Pembelian, Korean Food, Lawson

Abstract

Era digitalisasi membuat pertukaran budaya menjadi sangat cepat, terlebih lagi di Indonesia saat ini Korean wave atau budaya Korea menjadi budaya yang sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Akulturasi kebudayaan tersebut tentunya mempengaruhi gaya hidup masyarakat, salah satunya adalah terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menganalisa Fenomena Korean wave dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk Korean food di Lawson. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan uji asumsi klasik dan SEM dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable Korean Wave dan Brand Image memiliki pengaruh yang significant terhadap keputusan pembelian Korean food di Lawson.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bayu, D. (2022). APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022
Dairina, L. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 118. https://doi.org/10.30829/ajei.v7i1.10586
Dr. Muslichah Erma Widiana, Dra.Ec., M. (2020). Pengantar Manajemen.
Eli Achmad Mahiri. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.154
Fahirra, H., & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Korean Wave dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Album Official BTS. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 148–159.
Faozi, I., & Handayani, S. (2019). Analisa Keputusan Pembelian Yang Dipengaruhi Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pada Pt Bina Pertiwi Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 47, 44–52.
Febilia, R. (2022). Pengaruh Korean Wave, Country Origin dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Makanan Korea Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. In Raden Intan Repository.
Hendayana, Y., & Afifah, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Tokopedia. Kinerja, 3(1), 32–46. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i1.1285
Jeong Gil-hwa. (2021). 2021 Global Hallyu Trends.
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity Fifth Edition.
Musay, F. P. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1), 118. https://doi.org/10.30829/ajei.v7i1.10586
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran.
Novyanti, V., Sosianika, A., & Rafdinal, W. (2021). Peran Country of Origin Image dalam Memprediksi Purchase Intention Makanan Korea. Prosiding The 12 Th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 1221–1227.
Nugroho, P., & Numata, S. (2022). Influence of Sociodemographic Characteristics on the Support of an Emerging Community-based Tourism Destination in Gunung Ciremai National Park, Indonesia. Journal of Sustainable Forestry, 41(1), 51–76. https://doi.org/10.1080/10549811.2020.1841007
Park, J. H., Kim, K. A., & Lee, Y. (2023). Netflix and Platform Imperialism: How Netflix Alters the Ecology of the Korean TV Drama Industry. International Journal of Communication, 17, 72–91.
Prastiwi, F. T. R., Ratnaningsih, C. S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). Analisis Pengaruh Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga terhadap Purchase Intention. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 55–60. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.4222
Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168
Sembiring, V. A., & Prabandari, W. D. (2021). Analysis of the ompact of korean wave on purchase decision making at patbingsoo korean dessert house, flavor bliss, Tangerang Selatan. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(3), 628–634.
Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989
Wijayanti, S., Hadi, S. P., Listyorini, S., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2023). PENGARUH NCT 127 SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN KOREAN WAVE Pendahuluan. 12(1), 236–245.
Yanthi, A. D., Hadi, P., & Astuti, M. (2020). Peran Korea Wave, Lifestyle Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Innisfree. Prosiding Biema, 1(1), 179–195.
Yohana F. C. P. Meilani, I. B. M. P. B., & Ian N. Suryawan, R. R. M. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676
Published
2024-08-21
How to Cite
AnjaniA., FadhilahA. F., ZahraN. S., & RamadhanF. (2024, August 21). Fenomena Korean Wave dan Brand Image Produk Korean Food Pelanggan Lawson. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 222-230. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.5827
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times