Faktor Product Service Characteristics Terhadap Intention Penggunaan Spaylater

Authors

  • Rifka Husniyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sevia Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Yusuf Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32500/jematech.v8i2.7258

Keywords:

Product Service Charactersitic, Intention, Spaylater.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Product Service Characteristics Terhadap Intention Penggunaan Spaylater, pemahaman yang lebih dalam mengenai factor Product Service Characteristics Terhadap Intention Penggunaan Spaylater  bagi penguna platform spaylater dan peneliti selanjutnya dibidang ini. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada penguna spaylater dengan menggunakan sampling purpose sehingga menghasilkan 100 responden. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi Smartpls versi 4.0. Dengan teknik analisis data yaitu analisis jalur (Path Analysis) menggunakan outer model dan inner model.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Product Service Characteristics Terhadap Intention Penggunaan Spaylater berpengaruh positif dan siginifikan dan memiliki pengaruh secara langsung, dengan hal ini berarti semakin tinggi manfaat yang diberikan layanan spaylater akan semakin tinggi minat penguna terhadap spaylater. Oleh karena itu dengan adanya platform seperti spaylater ini memiliki pengaruh yang membuat penguna aktif tertarik dengan spaylater. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi  penting dalam pemahaman tentang  bagaimana product service characteristics terhadap intention penggunaan spaylater dan diharapkan dapat berguna bagi peneliti selanjutnya yang sejenis, serta dapat memperluas cakupan populasi diberbagai generasi lain ataupun demokgrafi yang berbeda. Kesimpulannya, product service characteristics memiliki peran yang signifikan dalam penguna spaylater.

References

Adirinarso, D. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN FITUR PAYLATER, PURCHASE INTENTION DAN SPIRITUALITY TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PENGGUNA E- COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa UIN Walisongo Semarang). Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Agustin, L. (2022). Evaluation of Factors influencing the Shopee PayLater adoption in Indonesia. Management Science and Business Decisions, 2(2), 5–18. https://doi.org/10.52812/msbd.49
Amelia, V. H. I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fitur Spaylater Pada Aplikasi Shopee Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumtif. Skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 17.
Elim, C. N., & Santoso, T. (2022). Pengaruh Website Characteristic Dan Delivery Service Quality Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Pengguna Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19. Agora, 10(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12061%0Ahttps://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/download/12061/10591
Eni. (2022). Analisis Use Behavior Terhadap Pengguna Shopee Paylater Menggunakan Modifikasi Model Utaut 2. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Faisal, M., & Kraugusteeliana. (2019). Analisis Behavioral Intention Pada Penggunaan Digital Payment Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model 3 (Studi Kasus Pada Aplikasi Linkaja). Seminar Nasional Informatika, Sistem Informasi Dan Keamanan Siber (SEINASI-KESI), 2(1), 1–11.
Farizqi, A. I. … Dehasen Bengkulu, U. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengguna shopee pay later di Bengkulu Factors Affecting User Interest Shopee Pay Later in Bengkulu. SN-EMBA Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 21–32.
Febriani, N. (2023). Pengaruh penggunaan sistem pembayaran shopee. 1–99.
Harahap, L. K. (2019). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square). Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang, 1, 1.
Kemala, T. N. (2022). Pengaruh Shopee Paylater Terhadap Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Shopee. Universitas Islam Indonesia, 40–79. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40976%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/40976/19911046.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Muliadi, M. L., & Japarianto, E. (2021). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Behavior Intention Melalui Perceived Usefulness Sebagai Media Intervening Pada Digital Payment Ovo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 20–27. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.20-27
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30812/target.v4i1.2016
Resa, S. V. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Ritonga, N., & Ameliany, N. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Terhadap Niat Menggunakan Aplikasi Shopee Paylater Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1130–1136. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.702
Utami, M. R. (2022). Pengaruh Pendapatan dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Sistem Pembayaran Bayar Tuunda (Paylater) pada Fitur Shopee Paylater. 1–23.
Vivi Eviana, & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.

Downloads

Published

2025-08-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

Faktor Product Service Characteristics Terhadap Intention Penggunaan Spaylater. (2025). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 8(2), 328-339. https://doi.org/10.32500/jematech.v8i2.7258