Pengaruh Aksesibilitas, Fasilitas, dan Daya Tarik terhadap Kepuasan Wisatawan pada Objek Wisata Pesona Kumejing

  • Nurina Nurina Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Eni Candra Nurhayati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kepuasan Wisatawan, Aksesibilitas, Fasilitas, dan Daya Tarik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aksesibilitas, fasilitas, dan daya tarik berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini seluruh wisatawan yang menikmati Objek Wisata Pesona Kumejing baik individu, kelompok maupun keluarga. Berdasarkan riset yang dilakukan pada tanggal 2 Januari sampai 13 Mei 2022 populasi dalam penelitian ini adalah 130 wisatawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Hairs (2010) sebesar 130 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aksesibilitas, fasilitas, dan daya tarik secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Berdasarkan pada uji t aksesiblitas dan fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan sedangkan daya tarik berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Pada uji determinasi secara simultan aksesibilitas memiliki pengaruh terhadap kepuasan wisatawan sebesar 13,8%.  Pada fasilitas memiliki pengaruh sebesar 14,1%, pada daya tarik memiliki pengaruh sebesar 31%. Sehingga  dapat disimpulkan bahwa variabel aksesibilitas, fasilitas, dan daya tarik memiliki pengaruh sebesar 57,8% terhadap kepuasan wisatawan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Penelitian ini menggunakan riset data yang dilakukan pada tanggal 2 januari sampai 13 Mei 2022 sebesar 130 responden. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa pengaruh kepuasan wisatawan dapat dilihat dari aksesibilitas, fasilitas, daya tarik dan dinilai dari kondisi wisata itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-20
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2