Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian

(Studi Kasus pada Konsumen Toserba PKPRI Wonosobo)

  • Ahmad Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk: menguji pengaruh variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara terhadap variabel keputusan pembelian oleh konsumen di Toserba PKPRI Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif.

Metodology - Populasi dalam penelitian yaitu konsumen pada Toserba PKPRI Wonosobo yang tidak diketahui jumlah pastinya. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Rao Purba dengan teknik pengumpulan data responden yaitu menggunakan teknik convinience sampling. keterbatasan yaitu data yang dikumpulkan sebagian besar menggunakan metode kuesioner melalui google form, sehingga memungkinkan jawaban yang diberikan oleh responden tidak menunjukkan keadaan sesungguhnya. Berikutnya, teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Adapun tahapan pertama uji kualitas instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya akan dilakukan teknik analisis data dengan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan hipotesis.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar R2 0,884. Produk (X1), Harga (X2), Lokasi (X3) dan Promosi (X4) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toserba PKPRI Wonosobo (Y).

Implikasi – Penelitian ini diharapkan menjadi acuan para pemimpin koperasi untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan keputusan pembelian.

Orisinilitas – Penelitian ini memgambil obyek penelitian pada Toserba PKPRI Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-19
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 86 times
PDF downloaded = 41 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>