Analisis Pengaruh Faktor Sosial Dan Ekspektasi Karir Terhadap Minat Siswa Memilih Jurusan Akuntansi Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi

(Studi Kasus Pada Siswa SMK Karya Mandiri Garung)

  • Riky Andhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Susanti Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Faktor Sosial, Ekspektasi Karir, Motivasi, Minat

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor sosial dan ekspektasi karir terhadap minat siswa memmilih jurusan akuntansi dengan motivasi sebagai variabel moderasi. Studi kasus penelitian ini dilakukan di SMK Karya Mandiri NU Garung.

Metode - Populasi pada penelitian ini adalah siswa akuntansi SMK Karya Mandiri NU Garung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Simple Random sampling. Setelah menggunakan perhitungan rumus Slovin  terdapat 139 siswa. Metode analilis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Analisis Linear Berganda dan Analis Regresi Moderasi yang datanya di olah menggunakan SPSS versi 25.

Hasil - Hasil ini menunjukkan tingkat sosial berpengaruh positif terhadap minat siswa memilih jurusan. Ekspektasi karir berpengaruh positif terhadap minat siswa memilih jurusan. Motivasi dapat memoderasi faktor sosial terhadap minat siswa memilih jurusan akuntansi. Motivasi dapat memoderasi ekspektasi karir terhadap minat siswa memilih jurusan akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 282 times
PDF downloaded = 252 times