Pengaruh Pengalaman Usaha, Skala Usaha, Pengetahuan Akuntansi, Dan Perspektif Informasi Terhadap Penerapan Sistem Informasi Akuntansi

(Studi Empiris UMKM Di Kecamatan Wonosobo)

  • Andi Junianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Hartiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Kurniawati Mutmainah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
pengalaman usaha, skala usaha, pengetahuan akuntansi, pelatihan akuntansi, perspektif informasi, sistem informasi akuntansi.

Abstract

Tujuan -  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengalaman usaha, skala usaha, pengetahuan akuntansi, pelatihan akuntansi, dan perspektif informasi berpengaruh terhadap penerapan sistem informasi akuntansi pada pelaku UMKM klaster restoran di Kecamatan Wonosobo, sehingga para pelaku UMKM mengetahui akan pentingnya penerapan sistem informasi akuntansi dalam pengembangan UMKM restoran (rumah makan) yang berada di Kecamatan Wonosobo.

Metode – Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mempermudah mengetahui hubungan-hubungan antara variabel. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelaku UMKM klaster restoran di Kecamatan Wonosobo. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling,  jumlah banyaknya sampel yang sudah ditentukan sebanyak 110 orang pelaku UMKM klaster restoran. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh langsung melalui penyebaran kuesioner yang sudah diuji validitasnya serta reliabilitasnya. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS statistic 22.0.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman usaha, skala usaha, pengetahuan akuntansi, pelatihan akuntansi, dan perspektif informasi berpengaruh positif terhadap penerapan sistem informasi akuntansi.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data UMKM klaster restoran di Kecamatan Wonosobo Jawa Tengah.

Orisinalitas - Penelitian ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan sistem informasi akuntansi UMKM klaster restoran di Kecamatan Wonosobo Jawa Tengah, untuk mendapat kemudahan pencarian informasi dan mendapat kebenararan informasi dalam pembuatan keputusan untuk menjalankan kegiatan usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-29
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 216 times
PDF downloaded = 162 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>