Mengidentifikasi Persepsi Mahasiswa dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Pemilihan Karir sebagai Wirausaha

(Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)

  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Heri Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
persepsi mahasiswa, pertimbangan pasar kerja, pemilihan karir sebagai wirausaha

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa dan pertimbangan pasar kerja terhadap pemilihan karir sebagai wirausaha.

Metodologi - Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa manajemen semester 7 dan 9 yang hampir selesai studi, penelitian dimulai pada 20 September – 20 November 2021, jumlah sampel sebanyak 207 responden menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.

Hasil - Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi mahasiswa dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif terhadap pemilihan karir sebagai wirausaha.

Keterbatasan - Keterbatasan dalam penelitian ini sampel yang digunakan hanya terbatas pada mahasiswa manajemen yang terdapat pada Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, sehingga penelitian ini tidak dapat digeneralisasi untuk mahasiswa manajemen yang berada pada  universitas lain, hal ini yang dapat memungkinkan adanya perbedaan hasil dan kesimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 209 times
PDF downloaded = 105 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4