Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berinvestasi Mahasiswa Pada Pasar Modal Indonesia

  • Romandhon Romandhon Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ibnu Widakdo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Susanti Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
risiko investasi, manfaat investasi, pengetahuan investasi, return investasi, pasar modal

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risiko investasi, motivasi investasi, pengetahuan investasi, return investasi, modal minimal investasi, dan manfaat investasi terhadap minat berinvestasi mahasiswa pada pasar modal indonesia.

Metode - Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS v.26.. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 199 responden.

Hasil - Hasil dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: variabel risiko investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat berinvestasi sebesar 0,031, variabel motivasi investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat berinvestasi sebesar 0,035, pengetahuan investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat berinvestasi sebesar 0,015, return investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat berinvestasi sebesar 0,019, modal minimal investasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat berinvestasi sebesar 0,058, manfaat investasi  memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel minat berinvestasi sebesar 0,018.

Implikasi – Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa akuntansi dan manajemen Universitas Sains Al-Qur’an angkatan 2017

Orisinalitas - Makalah ini melihat hubungan beberapa faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi mahasiswa pada Pasar Modal Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-21
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 154 times
PDF downloaded = 139 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>