PENERAPAN CLOUD COMPUTING DALAM MANAJEMEN PELANGGAN (CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN

  • Triana Triana Univeritas Duta Bangsa Surakarta
  • Intan Oktaviani Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords:
Cloud computing, Manajemen bisnis, Customer Relationship Management.

Abstract

Cloud computing telah muncul sebagai kekuatan transformasional yang mengubah wajah manajemen bisnis. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk beralih dari infrastruktur IT tradisional menuju solusi yang lebih fleksibel dan skalabel, mendukung kebutuhan bisnis yang terus berkembang. Artikel ini mengkaji bagaimana cloud computing tidak hanya memfasilitasi penyimpanan dan pengelolaan data, tetapi juga mendorong efisiensi operasional, inovasi produk, dan peningkatan pengalaman pelanggan. Salah satu metode yang dapat diintegrasikan dengan cloud computing adalah Customer Relationship Management (CRM). Dengan memanfaatkan platform CRM berbasis cloud, perusahaan dapat mengelola interaksi dengan pelanggan secara lebih efektif. CRM membantu dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan data pelanggan untuk memahami preferensi dan perilaku mereka. Dengan informasi ini, perusahaan dapat menawarkan produk dan layanan yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan, meningkatkan komunikasi dengan menggunakan data untuk berkomunikasi secara lebih tepat waktu dan relevan, serta memonitor loyalitas pelanggan dengan mengidentifikasi pelanggan setia dan mengembangkan program penghargaan yang menarik. Selain itu, CRM memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis umpan balik pelanggan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan pada produk dan layanan. Dengan memanfaatkan cloud computing dan metode CRM, organisasi dapat mengoptimalkan proses bisnis, menjawab tantangan pasar dengan cepat, dan menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan. Pengintegrasian kedua teknologi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memperkuat hubungan dengan pelanggan, yang pada gilirannya berkontribusi pada pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] I. Oktaviani, E. G. Prasetia, U. Duta, and B. Surakarta, “PENERAPAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK PADA WEBSITE,” vol. 6, no. 1, pp. 199–204.
[2] A. E. Febrianisa, I. Oktaviani, and W. Wijiyanto, “Sistem Informasi Monitoring Data Pesanan Customer Berbasis Website Pada JeeDee Advertising,” J. Comput. Sci. Inf. Syst. J-Cosys, vol. 4, no. 2, 2024, doi: 10.53514/jco.v4i2.521.
[3] I. Oktaviani and E. Purawanto, “ANALYSIS OF AI-BASED BIG DATA FOR STRATEGIC DECISION-MAKING IN E-COMMERCE,” pp. 266–278, 2024.
[4] J. Botlík and M. Janáková, “CRM as a tool to maintain the competitiveness of enterprises in the global digital economy,” SHS Web Conf., vol. 92, p. 05003, 2021, doi: 10.1051/shsconf/20219205003.
[5] E. Merzlyakova, I. Ershova, and E. Bridskiy, “Main Trends in the Development of the Global E-Commerce Market,” SHS Web Conf., vol. 110, p. 01035, 2021, doi: 10.1051/shsconf/202111001035.
[6] I. Oktaviani, B. Prajadi, U. Duta, and B. Surakarta, “E-Marketplace Pada Kelompok Ternak Kambing,” vol. 5, no. 1, pp. 138–143, 2023.
[7] I. Oktaviani, P. Widyaningsih, U. Duta, and B. Surakarta, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA E-COMMERCE SEBAGAI UAPAYA PENINGKATAN LAYANAN,” vol. 6, no. 1, 2024.
[8] Zajačko I, Klačková I, and Kuric I, “Crm Systems-From Theory To Practice,” Int. Sci. J. “Innovations,” vol. 100, no. 3, pp. 97–100, 2019.
[9] A.A. Nimbalkar and B. A.T., “The Increasing Importance of AI Applications in E-Commerce,” Vidyabharati Int. Interdiscip. Res. J., vol. 13, no. 1, pp. 388–391, 2021.
[10] Y. Lee and P. R. J. Trim, “Enhancing Marketing Provision through Increased Online Safety That Imbues Consumer Confidence : Coupling AI and ML with the AIDA Model,” 2022.
[11] N. Ramane, N. Shitole, C. Landge, A. Konde, and A. Mote, “A Review on Different E-commerce Sites with Outfit Composition,” vol. 7, no. 3, pp. 143–145, 2019.
[12] E. Issues, “Developer Goals for e-Commerce Startups: Applying AI-enhanced Mind Genomics to Thinking about Everyday Issues,” Psychol. J. Res. Open, vol. 5, no. 5, 2023, doi: 10.31038/psyj.2023553.
[13] T. Änäkkälä, “Exploring value in eCommerce artificial intelligence and recommendation systems,” 2021, [Online]. Available: https://jyx.jyu.fi/handle/123456789/75678%0Ahttps://jyx.jyu.fi/bitstream/handle/123456789/75678/URN%3ANBN%3Afi%3Ajyu-202105172951.pdf?sequence=5.
Published
2025-01-31
How to Cite
[1]
TrianaT. and OktavianiI., “PENERAPAN CLOUD COMPUTING DALAM MANAJEMEN PELANGGAN (CRM) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 39-43, Jan. 2025.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)