SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN OBAT DENGAN METODE WATERFALL

  • Intan Oktaviani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Vihi Atina Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Andreas Sigit Andreas Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords:
Sistem Informasi, Distribusi, Mysql, Waterfall

Abstract

Distribusi obat merukapan bagian uatama dalam pengelolaan stok obat. Dalam kegiatan distribusi obat melibatkan beberapa proses antaralain proses terima, stok dan proses keluar obat yang melibatkan pemasok dan yang menerima. Permasalahan yang dihadapi dalam proses pengolahan data distribusi obat yang saat ini dilakukan adalah masih diketik pada komputer dengan menggunakan microsoft excel. Dalam proses pengolahan data masih dirasa banyak kekurangan antara lain penyimpanan data yang terlalu banyak menyebabkan sering terjadi redudansi (data yang sama), data tidak konsisten, data yang tersimpan tidak beraturan, data kurang aman, memungkinkan data bisa hilang,  seringnya terjadi kesalahan data, kurang lengkapnya data akan membuat kurir terhambat dalam pendistribusian.

Terkait dengan permasalahan diatas, sistem informasi manajemen pendistribusian obat dibutuhkan untuk mendukung kinerja pendistribusian obat. Pada saat ini jasa proses pendistribusian obat masih banyak dibutuhkan. Diperlukan suatu manajemen pendistribusian obat berbasis web untuk membantu menyajikan informasi obat yang mempermudah rekap data dan digunakan untuk  evaluasi setiap bulannya. Dimana metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembang sistem waterfall, yang meliputi analisis kebutuhan sistem, desain, pengkodean dan pengujian. Pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Agung Raga Soyata dan Setiawan Assegaff. 2020. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Distribusi Pada Pt Rudi Agung Agralaksana.
[2] Alfian Deny S, Suharnawi, M.Kom. 2016. Perancangan Sistem Informasi Pendistribusian Obat Berbasis Web Pada Upt Perbekalan Farmasi Pati.
[3] Sukanto, Rosa A., dan M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung
[4] Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
[5] Pressman R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1. Yogyakarta: Andi
Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
OktavianiI., AtinaV., and AndreasA., “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN OBAT DENGAN METODE WATERFALL”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 52-55, Jan. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 322 times
PDF downloaded = 217 times