WEB ENGINEERING DENGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
sistem informasi penjualan, crm, chatboot, web engineering, Customer Relationship Management
Abstract
Percetakan yakni sebuah perusahaan yang bergrak di bidang jasa atau barang biasanya berwujud barang atau gambar, menggunakan tinta di atas kertas yang diproduksi secara massal menggunakan mesin cetak. Banyak yang diproduksi dari percetakan menggunakan teknik percetakan offset mulai dari membuat buku, koran, brosur, dan sebagainya dengan berbagai tema. Tentunya calon pembeli harus bisa memilih desain sesuai untuk kebutuhan dalam hal ini harus melibatkan keputusan karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sehingga pelanggan yang merasa kebingungan dalam menentukan berbagai tema manakah yang seharusnya dipilih. Hal ini terkadang membuat calon pengantin kesulitan dalam menentukan tema apa yang cocok dan dibutuhkan atau sesuai keinginan. Metode yang digunakan dalam sistem informasi ini adalah metode Customer Relationship Management sebagai salah satu metode untuk meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan dengan adanya fitur chatbot, promo, notifikasi bila ada penambahan produk baru ke email pelanggan dengan proses didalam perusaahan percetakan dengan jaringan luar perusahaan yaitu pelanggan, sehingga menciptakan profit bagi perusahaan percetakan, metode Waterwefall sebagai metode pengembangan sistem. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi sistem informasi percetakan Exis Grafika Digital & Printing di Surakarta menggunakan metode Customer Relationship Management berbasis web. Berdasarkan kuesioner yang diisi oleh 10 responden 100% mengatakan membantu dalam pencaruan informasi percetakan dengan sistem ini.
Downloads
References
Charkari, N. and Abdolvand, N. (2003) ‘A Proposed Model in Integrating SCM, CRM & ERP’, in 1st International Conference on Information and Knowledge Technology. Available at: ftp://ftp.eng.shirazu.ac.ir/Documents/Proceeding/paper/P06164.pdf.
El Ghoumari, M. Y. et al. (2018) ‘Architectural design of trust based recommendation system in customer relationship management’, Periodicals of Engineering and Natural Sciences, 6(2), pp. 380–388. doi: 10.21533/pen.v6i2.539.
Irawan, Y. (2019) ‘Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i dengan Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web’, Intecoms: Journal of Information Technology and Computer Science, 8(5), p. 55. doi: https://doi.org/10.31539/intecoms.v2i1.629.
Kumar, V. and Werner Reinartz (2018) ‘Future of CRM’, in Customer Relationship Management. Springer Berlin Heidelberg, pp. 385–404.
Lukman, H. and Tania, P. (2018) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Website STKIP PGRI Lubuklingau Menggunkan Metode PIECES’, Jurnal TIPS : Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, IX(2), pp. 26–36.
Marcallina, D. and Wahyuningsih, D. (2016) ‘Penerapan E-commerce dengan Metode Costumer Relationship Management (CRM) Berbasis Website (Studi Kasus: Gudang Distro Palembang)’, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 5(1), pp. 40–47. doi: 10.32736/sisfokom.v5i1.26.
Prabawani, B. (2018) ‘Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening PT. Nasmoco Abadi Motor Karanganyar (Studi pada Pelanggan yang Menggunakan Jasa Bengkel PT. Nasmoco Abadi Motor Karanganyar’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), pp. 150-162.
Roger S, P. (2010) Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekata Praktisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Rosalina, V., Malik, A. and Perwitasari, E. (2017) ‘Model E lectronic Customer Relationship Management ( E-CRM ) Menggunakan Adaptasi Bahasa Lokal Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Banten’, Seminar Nasional Riset Terapan, (November).
Yuanitasari, A., Wardoyo, P. and Indarto, I. (2019) ‘Implementasi Strategi Membangun Hubungan Baik Pada Perusahaan Jasa Konstruksi’, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2), p. 122. doi: 10.26623/jreb.v12i2.1660.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).