WEB ENGINEERING DENGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

  • Faulinda Ely Nastiti Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Triana Triana Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rina Arum Prastyanti Program Studi Hukum, Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords:
sistem informasi penjualan, crm, chatboot, web engineering, Customer Relationship Management

Abstract

Percetakan yakni sebuah perusahaan yang bergrak di bidang jasa atau barang biasanya berwujud barang atau gambar, menggunakan tinta di atas kertas yang diproduksi secara massal menggunakan mesin cetak. Banyak yang diproduksi dari percetakan menggunakan teknik percetakan offset mulai dari membuat buku, koran, brosur, dan sebagainya dengan berbagai tema. Tentunya calon pembeli harus bisa memilih desain sesuai untuk kebutuhan dalam hal ini harus melibatkan keputusan karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sehingga pelanggan yang merasa kebingungan dalam menentukan berbagai tema manakah yang seharusnya dipilih. Hal ini terkadang membuat calon pengantin kesulitan dalam menentukan tema apa yang cocok dan dibutuhkan atau sesuai keinginan. Metode yang digunakan dalam sistem informasi ini adalah metode Customer Relationship Management sebagai salah satu metode untuk meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan dengan adanya fitur chatbot, promo, notifikasi bila ada penambahan produk baru ke email pelanggan dengan proses didalam perusaahan percetakan dengan jaringan luar perusahaan yaitu pelanggan, sehingga menciptakan profit bagi perusahaan percetakan, metode Waterwefall sebagai metode pengembangan sistem. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi sistem informasi percetakan Exis Grafika Digital & Printing di Surakarta menggunakan metode Customer Relationship Management berbasis web. Berdasarkan kuesioner yang diisi oleh 10 responden 100% mengatakan membantu dalam pencaruan informasi percetakan dengan sistem ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, A. Z. et al. (2021) ‘The Role of Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) in Improving Service Quality’, Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), pp. 8–12. doi: 10.1088/1742-6596/1764/1/012051.
Charkari, N. and Abdolvand, N. (2003) ‘A Proposed Model in Integrating SCM, CRM & ERP’, in 1st International Conference on Information and Knowledge Technology. Available at: ftp://ftp.eng.shirazu.ac.ir/Documents/Proceeding/paper/P06164.pdf.
El Ghoumari, M. Y. et al. (2018) ‘Architectural design of trust based recommendation system in customer relationship management’, Periodicals of Engineering and Natural Sciences, 6(2), pp. 380–388. doi: 10.21533/pen.v6i2.539.
Irawan, Y. (2019) ‘Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i dengan Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web’, Intecoms: Journal of Information Technology and Computer Science, 8(5), p. 55. doi: https://doi.org/10.31539/intecoms.v2i1.629.
Kumar, V. and Werner Reinartz (2018) ‘Future of CRM’, in Customer Relationship Management. Springer Berlin Heidelberg, pp. 385–404.
Lukman, H. and Tania, P. (2018) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Website STKIP PGRI Lubuklingau Menggunkan Metode PIECES’, Jurnal TIPS : Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu, IX(2), pp. 26–36.
Marcallina, D. and Wahyuningsih, D. (2016) ‘Penerapan E-commerce dengan Metode Costumer Relationship Management (CRM) Berbasis Website (Studi Kasus: Gudang Distro Palembang)’, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 5(1), pp. 40–47. doi: 10.32736/sisfokom.v5i1.26.
Prabawani, B. (2018) ‘Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening PT. Nasmoco Abadi Motor Karanganyar (Studi pada Pelanggan yang Menggunakan Jasa Bengkel PT. Nasmoco Abadi Motor Karanganyar’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), pp. 150-162.
Roger S, P. (2010) Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekata Praktisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Rosalina, V., Malik, A. and Perwitasari, E. (2017) ‘Model E lectronic Customer Relationship Management ( E-CRM ) Menggunakan Adaptasi Bahasa Lokal Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Banten’, Seminar Nasional Riset Terapan, (November).
Yuanitasari, A., Wardoyo, P. and Indarto, I. (2019) ‘Implementasi Strategi Membangun Hubungan Baik Pada Perusahaan Jasa Konstruksi’, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 12(2), p. 122. doi: 10.26623/jreb.v12i2.1660.
Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
NastitiF., TrianaT., and PrastyantiR., “WEB ENGINEERING DENGAN MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 1-9, Jan. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 208 times
PDF downloaded = 138 times