ANALISIS KINERJA SIMPANG 3 TAK BERSINYAL KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL

  • Dhikri Galih Wibowo Universitas Sains Al-Qur'an
  • Wiji Lestarini Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nasyiin Faqih Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Simpang, Derajad kejenuhan, Tingkat pelayanan

Abstract

Persimpangan merupakan bagian jalan yang menjadi pusat terjadinya titik konflik dari berbagai pergerakan arus lalu lintas. Dengan tidak adanya pengaturan persimpangan dengan pengendalian lampu lalu lintas, karena perencanaan yang tidak sesuai akan menimbulkan konflik baru dalam persimpangan dengan munculnya tindaan lalu lintas yang besar, antrian yang panjang serta menurunya kapasitas simpang sebagai akibat tidak berfungsinya secara optimal.

Persimpangan jalan adalah daerah atau tempat dimana dua atau lebih jalan raya yang berpencar, bergabung, bersilang dan berpotongan, termasuk fasilitas jalan dan sisi jalan untuk pergerakan lalu lintas pada daerah itu. Fungsi operasional utama dari persimpangan adalah untuk menyediakan perpindahan atau perubahan arah perjalanan

penelitian ini dilakukan di simpang tiga tak bersinyal Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Pengambilan data dilakukan secara langsung dari lapangan diantaranya kondisi geometrik, kondisi lalulintas dan kondisi lingkungan.

Kinerja lalu lintas simpang tiga tak bersinyal Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal masih cukup baik, hal ini berdasrkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,57 lebih kecil dari nilai DS maksimum yang disyaratkan dalam MKJI 1997 sebesar 0,75, dengan tingkat peyalayanan (ITP) C, yang artinya pada kondisi arus masih cukup stabil tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, dimana pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.

Upaya pengoptimalan kinerja simpang dilakukan dengan diberikan lampu lalu lintas, hal ini berdasarkan kendaraan belok pada simpang melebihi dari 200 smp/jam, berdasarkan MKJI 1997 untuk mengurangi angka kecelakaan pada simpang diterapkan pengaturan simpang bersinyal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). 1997. Direktorat Jendral Bina Marga. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Marchyano Beltsazar Randa kabi Lintong Elisabeth. 2015. Studi kasus simpang tiga rng road – maumbi. Universitas Sam Ratulangi Manado
Irwanto. 2016. Kinerja simpang tak bersinyal jalan sampang plaza tugu kabupaten purworejo. Universitas Muhammadiyah Purworejo
Wahyudin. 2017. Analisis kinerja simpang tak bersinyal 3 lengan (studi kasus: pertigaan JL. Pakuningratan, Yogyakarta). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Data penduduk kabupaten kendal 2020. Dinas kependudukan dan pencatatan sipil
Youtube. Galuh Pramita. 2020. Langkah Menghitung Simpang Bersinyal. MKJI 1997
Published
2021-12-31
How to Cite
WibowoD. G., LestariniW., & FaqihN. (2021, December 31). ANALISIS KINERJA SIMPANG 3 TAK BERSINYAL KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Teras, 11(4), 16-20. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2528
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 169 times
PDF downloaded = 203 times

Most read articles by the same author(s)