Evaluasi Kondisi Fungsional Jalan Berdasarkan Nilai Bina Marga Dan Road Condition Index (RCI) Pada Jalan Banjarmangu -Linggamerta Banjarnegara

  • Adhie Ahmad Universitas Sains Al-Quran
  • Nur Hasanah Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Kerusakan Jalan, Perkerasan, Bina Marga, RCI, IRI

Abstract

Ruas jalan Banjarmangu – Linggamerta Kabupaten Banjarnegara, setiap tahunnya terjadi pertumbuhan lalu lintas akibat meningkatnya jumlah penduduk. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka pemakaian kendaraan juga semakin meningkat yang menyebabkan konstruksi perkerasan jalan mengalami kerusakan berupa retak-retak, permukaan jalan bergelombang dan penurunan permukaan jalan hingga merupakan faktor hambatan bagi pengguna jalan. Hal ini dapat menimbulkan dampak negatif terhadap pertumbuhan daerah sekitarnya.

Penelitian ini dilakukan dengan survey langsung dilapangan dengan mengamati dan menganalisa kondisi kerusakan yang ada serta mengukur tingkat kerusakannya sesuai dengan petunjuk dalam penggunggan metode Bina Marga. Nilai RCI diperoleh berdasarkan hasil korelasi dengan nilai IRI yang dianalisis menggunakan 3 model persamaan yaitu Sukirman (1999), Paterson (1986) dan Al Omari (1994). Berdasarkan estimasi nilai International Roughness Index (IRI) kemudian dilakukan analisis untuk menentukan kondisi dan kelayakan serta jenis perbaikan yang dibutuhkan sesuai permen PU No 13 Tahun 2011.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kerusakan jalan Banjarmangu Linggamerta Banjarnegara dengan mengunakan metode Bina Marga bahwa hasil penilaian kondisi kerusakan jalan menunjukkan angka kerusakan sebesar 18, maka nilai kondisi jalan 6 Nilai prioritas kondisi jalan pada ruas Jalan tersebut adalah 3, maka perlu dimasukkan dalam Program Pemeliharaan Berkala. Nilai IRI pada arah Linggamerta Banjarmangu didominasi kondisi baik sebesar 46,27 atau 39,28%, kerusakan sedang sebesar 54,70 atau 46,44% dan rusak ringan sebesar 16,81 atau 14,27%.

Program penanganan kondisi dengan analisis permen PU No 13 Tahun 2011 yaitu perlu dilakukan program penanganan jalan dengan pemeliharaan rutin untuk kondisi jalan dengan kategori baik, sedangkan untuk kondisi jalan dengan kategori sedang dan rusak ringan perlu dilakukan Pemeliharaan Rutin/Berkala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT Refka Aditama.
Anwar, S. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Arikuntoro, S. 1998. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Barrie, D.S., & Paulson, B.C. 1984. Profesional construction Management. New York McGraw-Hill.
depnakertrans.go.id 2010
Dessler, G. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta : PT INDEKS, Kelompok Gramedia.
Ervianto, Wulfram.2008. Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Jakarta : Andi Publisher.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Waduk_Wadaslintang
Ibrahim JK. Ismi D.2010. Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan PT. Bitratex Industries Semarang. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Mathis, Robert L.dan John H.Jakson.2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.
Milen, Ayuma Ersamayori. 2016. Analisis Level Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Proyek Konstruksi Terhadap Risiko Dan manajemen K3. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga.
Ridley, John. 2008. Ikhtisar Keselamatan dan Kesehatan Kerja,Edisi Ketiga. Jakarta. Erlangga.
Rosita Sari Gadis.2013. Studi Implementasi Manajemen Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Pada Proyek Pembangunan Hotel Brothers Solo Baru. Surakarta : Skripsi Teknik Sipil. Universitas Sebelas Maret.
Singarimbuin, M dan Sofian, E. 1989. Metode Penelitian Survey Cet 1. Jakarta : LP3ES.
Sugiyono. 1994. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.
Suma’mur.1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta : Haji Masagung.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Syafi’i, M. Fauzi. 2008. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan (K3) terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di PT. PG. Rajawali Unit PG. Krebet Baru Bululawang Malang. Malang : UIN Malang.
Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta. Harapan Press
Published
2020-06-30
How to Cite
AhmadA., & HasanahN. (2020, June 30). Evaluasi Kondisi Fungsional Jalan Berdasarkan Nilai Bina Marga Dan Road Condition Index (RCI) Pada Jalan Banjarmangu -Linggamerta Banjarnegara. Teras, 10(2), 78-87. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2142
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 192 times
PDF downloaded = 110 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>