ANALISA PELAKSANAAN JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) PEMBANGUNAN GEDUNG PERAWATAN BARU RSI PKU MUHAMADIYAH KABUPATEN TEGAL

  • Adhie Ahmad Universitas Sains Al-Quran
  • Nur Hasanah Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Job Safety Analysis, , pembangunan gedung perawatan baru, RSI PKU Muhammadiyah Kab.Tegal

Abstract

Perkembangan di dunia konstruksi semakin meningkat baik jumlah maupun jenisnya, sehingga potensi bahaya akan lebih besar akibat kerja. Manusia yang bekerja pada proyek konstruksi tentunya membutuhkan alat yang digunakan untuk melindungi diri agar terhindar dari bahaya yang ada disekitar lapangan proyek. Peralatan yang semakin tua dan tidak layak dioperasikan menimbulkan potensi bahaya apabila masih dipergunakan di lapangan. Secara keseluruhan, baik manusia dan peralatan dalam dunia konstruksi bangunan harus menerapkan prinsip–prinsip manajemen secara lengkap dan utuh, dimana prinsip ini akan mencakup aspek keselamatan kerja.

Penelitian yang saya lakukan tentang analisa jenis resiko dan resiko bahaya terhadap responden dengan metode JSA ( Job Safety Analysis ) dalam proyek konstruksi Pembangunan Gedung Perawatan Baru RSI PKU Muhammadiyah Kab. Tegal ini dilakukan dengan metode pendekatan analisis deskriptif. Analisis deskriptif adalah penelitian yang melakukan penuturan, analisis, dan mengklasifikasikan data dan informasi yang diperoleh dengan berbagai teknik survey, wawancara, observasi, angket, studi kasus danlain-lain.

Berdasarkan hasil uji korelasi pada tabel 4.8 maka di dapat nilai koefisien korelasi jenis resiko adalah sebesar R=0,213 dan nilai signifikasi (Sig) yang diperoleh sebesar 0,276. Taraf signifikasi yang dipakai adalah (alfa) 0,05. Karena nilai Sig= 0,276< 0,05 maka signifikan. Hal tersebut berarti ada korelasi antara jenis resik dan resiko bahaya yang positif. Sedangkan r tabel 0,378pada jumlah responden sebesar 28. Karena r hitung > r tabel, maka signifikan. Ini berarti ada korelasi jenis resiko terhadap resiko bahaya yaitu 0,213< 0,378 yang bernilai poitif. Dengan nilai r tabel = 0,213 bahwa hubungan korelasi dalam pedoman derajat hubungan termasuk kedalam kategor sedangt. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin rendah resiko maka semakin meningkatkankinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT Refka Aditama.
Anwar, S. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Arikuntoro, S. 1998. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Barrie, D.S., & Paulson, B.C. 1984. Profesional construction Management. New York McGraw-Hill.
depnakertrans.go.id 2010

Dessler, G. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesembilan Jilid 2.
Jakarta : PT INDEKS, Kelompok Gramedia.

Ervianto, Wulfram.2008. Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Jakarta : Andi Publisher.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Waduk_Wadaslintang

Ibrahim JK. Ismi D.2010. Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan PT. Bitratex Industries Semarang. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. Semarang : Universitas Diponegoro.
Mathis, Robert L.dan John H.Jakson.2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.
Milen, Ayuma Ersamayori. 2016. Analisis Level Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Proyek Konstruksi Terhadap Risiko Dan manajemen K3. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Erlangga.

Ridley, John. 2008. Ikhtisar Keselamatan dan Kesehatan Kerja,Edisi Ketiga.
Jakarta. ErlanggaRosita Sari Gadis.2013. Studi Implementasi Manajemen Keselamatan Kerja Dan Kesehatan Pada Proyek Pembangunan Hotel Brothers Solo Baru. Surakarta : Skripsi Teknik Sipil. Universitas Sebelas Maret.
Singarimbuin, M dan Sofian, E. 1989. Metode Penelitian Survey Cet 1. Jakarta : LP3ES.
Sugiyono. 1994. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.
Suma’mur.1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta : Haji Masagung.
Sumarsono, Sonny. 2004. Metode Riset sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Syafi’i, M. Fauzi. 2008. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja Karyawan (K3) terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di PT. PG. Rajawali Unit PG. Krebet Baru Bululawang Malang. Malang : UIN Malang.
Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta. HarapanPress.
Published
2019-09-30
How to Cite
AhmadA., & HasanahN. (2019, September 30). ANALISA PELAKSANAAN JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) PEMBANGUNAN GEDUNG PERAWATAN BARU RSI PKU MUHAMADIYAH KABUPATEN TEGAL. Teras, 9(3), 26-35. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2127
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 384 times
PDF downloaded = 139 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>