PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL-STEM PADA ALAT PEMBAKARAN SAMPAH TANPA ASAP MATERI SUHU, KALOR, DAN PEMUAIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMPN 1 TAPUNG HULU

Penulis

  • Yola Aprila Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.32699/spektra.v11i1.8900

Kata Kunci:

PjBL-STEM, PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK, STEM, Suhu, kalor, pemuaian, hasil pembelajaran

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik kelas VII melalui pener  apan model PjBL berbasis STEM menggunakan media alat pembakar sampah tanpa asap dan mengetahui perbedaan kemampuan kognitif kelas yang menggunakan model PjBL-STEM dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tapung Hulu Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Desain dengan metode Posttest Only Non-Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII fase D sebanyak 176 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 peserta didik, dengan kelas VII D yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen Pengumpulan data berupa posttest kemampuan kognitif berjumlah 15 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui nilai rata-rata hasil belajar siswa dan analisis inferensial melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan dengan menggunakan model PjBL-STEM pada alat pembakar sampah tanpa asap lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis inferensial Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan  independent sampe T-test hasilnya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif peserta didik. Oleh karena itu, model model PjBL berbasis STEM menggunakan media alat pembakar sampah tanpa asap dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran IPA disekolah guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Referensi

Afriana, J. (2022). The Influence of PjBL STEM on Science Literacy and Problem Solving of Junior High School Students. Journal of Elementary Education Didactics, 6(2), 627–638. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.551
Azhari, Ulpha Lisni., Kurniady, Dedy Achmad. (2016). Management of Educational Financing, Learning Facilities, and School Quality. Journal of Educational Administration, 23(2): 26-36.
Ministry of National Education.(2006). School Level Curriculum (KTSP). Jakarta: Ministry of National Education.
Didelmi, A.(2023). Development of E-Modules Based on PjBL-STEM Using Professional 3D Pageflip Applications on Optical Materials to Improve Critical Thinking Skills and Learning Interests of Junior High School Students.thesis.University of Riau
Gunawan, I., & Palupi. (2016). Bloom's Taxonomy-Revised Cognitive Domain: A Foundational Framework for Learning, Teaching, and Assessment. Premiere Educandum: Journal of Elementary Education and Learning, 2(02), 98–117. https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (nd).(2019) Book of Educational Sciences Rahmat Hidayat & Abdillah.
Ministry of Education and Culture. (2016). Regulation of the Minister of Education and Culture Number 23 of 2016 Concerning Education Assessment Standards. Jakarta: Ministry of Education and Culture.
Kemendikbudristek. (2022). Pocket Book: Questions and Answers on the Independent Curriculum. Ministry of Education, Culture, Research and Technology, Ministry of Education, Culture, Research and Technology, 9–46. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Khairiyah, N. (2019). Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach. Guepedia.
Maulana, M. (2020). Implementation of STEM-Based Project Based Learning Model in Physics Learning Prepares Students' Learning Independence. Jurnal Teknodik, 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678
Sugiyono.(2021). Research Methods (Quantitative, Qualitative, Combination, R&D and Educational Research. Alfabeta: Bandung.
Sumardiana, S., Hidayat, A., & Parno, P. (2019). Critical Thinking Skills in Project Based Learning Model with STEM of High School Students on Temperature and Heat. Journal of Education: Theory, Research, and Development, 4(7), 874. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12618
Torlakson, T. 2014. Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.
Wahyudi, Imam. (2012). Complete Guide to Teacher Certification Test. Jakarta: PT Prestasi.
Wardani, Indah.(2018). The Effectiveness of STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) on Understanding Physics Concepts Reviewed from Gender Differences of Students. thesis. Raden Intan State Islamic University of Lampung
Wardani, Indah.(2018). The Effectiveness of STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) on Understanding Physics Concepts Reviewed from Gender Differences of Students. thesis. Raden Intan State Islamic University of Lampung
Winarti., Istiyono. (2020). Taxonomy of Higher Order Thinking Skill (HOTS). Salatiga: Widya Sari Press

Diterbitkan

2025-07-20

Cara Mengutip

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL-STEM PADA ALAT PEMBAKARAN SAMPAH TANPA ASAP MATERI SUHU, KALOR, DAN PEMUAIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMPN 1 TAPUNG HULU. (2025). SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 11(1), 186-199. https://doi.org/10.32699/spektra.v11i1.8900