PENINGKATAN OMZET KERIPIK TEMPE LEK JA’IM MELALUI PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI DAN DIVERSIFIKASI KEMASAN
Omzet, Keripik Tempe, Kapasitas Produksi, Diversifikasi Kemasan
Abstract
Keripik tempe Lek Ja’im dirancang dengan bentuk bulat, tipis, renyah dan memiliki dominan kedelai. Saat ini, kapasitas produksi mengalami penurunan dan strategi pemasaran yang masih terbatas pada pemasaran berbasis digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk peningkatan omzet Keripik Tempe Lek Ja’im melalui peningkatan kapasitas produksi dan diversifikasi kemasan. Mitra pada kegiatan ini adalah industri rumahan Keripik Tempe Lek Ja’im. Peningkatan omzet melalui peningkatan kapasitas produksi melalui pembelian mesin pengiris tempe baru dan diversifikasi kemasan sebagai strategi marketing. Mitra diberikan sosialisasi terkait tentang fungsi desain kemasan yang dievaluasi menggunakan pre-post test. Hasil pengabdian menujukkan mesin pengiris tempe baru dapat meningkatkan kapasitas produksi. Pengetahuan mitra terkait fungsi kemasan meningkat dan diversifikasi kemasan dilakukan dengan penambahan 3 ukuran kemasan primer dan 1 ukuran kemasan sekunder. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat meningkatkan omzet keripik tempe Lek Ja’im melalui peningkatan kapasitas produksi dan diversifikasi kemasan.
Downloads
References
Firdaus, M., Habib, A. and Informatika, T. (2018) ‘Peningkatan Kualitas Dan Kapasitas Produksi Serta Pemasaran Produk Ukm ( Studi Kasus Ukm Keripik Pisang Dan Ketela Di Trawas’, in Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat2. Surabaya: LPPM Universitas 17 Agustus 1945, pp. 168–178. Available at: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/sehasil/article/view/1870.
Hastati, D.Y. et al. (2022) ‘Penerapan Kemasan Dan Label Untuk Produk Olahan Singkong Di Kelompok Tani Barokah’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 178–183. Available at: https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3647.
Irianto, O.D. and Rozci, F. (2023) ‘Diversifikasi Logo Dan Kemasan Produk Sebagai Strategi Branding UMKM Kerupuk Rengginang Kaisa’, SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), pp. 82–91.
Kurniaji, K. (2023) ‘Prosedur Proses Sertifikasi P-IRT (Pangan-Industri Rumah Tangga) pada UMKM Pasca-Pandemi Covid 19’, Jurnal Multidisiplin West Science, 2(03), pp. 200–214. Available at: https://doi.org/10.58812/jmws.v2i03.266.
Putri, S.A., Muttaqien, T.Z. and Atamtajani, A.S.M. (2019) ‘Desain Kemasan untuk Mendukung Pemasaran Produk Olahan Pangan Kelompok Wanita Tani Kreatif Permata’, Charity, 2(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.25124/charity.v2i1.2143.
Saputra, R.A.K. et al. (2022) ‘Observasi Sendang Jaka Tarub Sebagai Upaya Meningkatkan Potensi Wisata Desa Sumberagung Plumpang Tuban’, Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), pp. 202–209. Available at: https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.97.
Saputri, R.K. et al. (2022) ‘Pelatihan Pembuangan Masker sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Infeksi di Desa Sukowati Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro’, Journal of Research Application in Community Services, 1(1), pp. 23–27.
Sucipto, Syahputri, E.M. and Septifani, R. (2021) ‘AGROINTEK : Jurnal Teknologi Industri Pertanian’, AGROINTEK: Jurnal Teknologi Industri Pertanian Agrointek:, 15(1), pp. 736–747.
Thejahanjaya, D. and Yulianto, Y.H. (2022) ‘Penerapan Psikologi Warna Dalam Color Grading Untuk Menyampaikan Tujuan Dibalik Foto’, Jurnal Adiwarna, 1(1), p. Hal 1-9.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.