Penerapan Rainbow Geometry dalam Pembentukan Konsep Keruangan Sejak Usia Dini

  • Rina Mahmudati Universitas Sains Al Quran
  • Ragil Tri Indrawati Universitas Sains Al Quran
Keywords:
rainbow geometry, keruangan, media

Abstract

Mis-konsep dalam pemahaman geometri terjadi pada setiap jenjang pendidikan. Oleh karena itu, pemahaman konsep harus ditanamkan sejak usia dini. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dengan menggunakan rainbow geometry. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara menciptakan media kreatif sebagai alat pembelajaran berupa rainbow geometry. Kegiatan ini dilaksanakan di RA Hj Maryam, dengan memberi pelatihan kepada guru dan menerapkan media tersebut kepada siswa. Hasil dari kegiatan ini terlihat bahwa terjadi peningkatan terhadap pemahaman geometri secara signifikan pada siswa RA Hj Maryam yaitu sebesar 49 %. Hal ini membuktikan bahwa media yang dikembangkan berupa rainbow geometry memiliki dampak positif terhadap pemahaman keruangan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ragil Tri Indrawati, Universitas Sains Al Quran
Mechanical engineering lecturer

References

Nyet Moi Siew & Chin Lu Chong. 2014. Fostering Students’ Creativity through Van Hiele’s 5 Phase-Based Tangram Activities. Journal of Education and Learning; Vol. 3, No. 2; 2014
Sarjiman. 2006. Peningkatan Pemahaman Rumus Geometri Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan Februari XXV No.1, Hal 73.
Schwartz, J.E. 2010. Why Learn Geometry?Update on Jul 20, 2010. Tersedia: http://www.education.com/reference/article/why-learn-geometry-mathematics/. Diuduh pada 7 Februari 2017.
Sofia Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Published
2019-01-30
How to Cite
MahmudatiR. and IndrawatiR. (2019) “Penerapan Rainbow Geometry dalam Pembentukan Konsep Keruangan Sejak Usia Dini”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(1), pp. 16-20. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i1.494.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 306 times
PDF downloaded = 136 times