ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN FUNGSI REKURSIF PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT MENURUT NEWMAN
analisis kesalahan, Newman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebabnya pada mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UNSIQdalam menyelesaikan permasalahan fungsi rekursif dengan menggunakan prosedur Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 mahasiswa dari 39mahasiswa prodi TI-1, masing-masing terdiri dari 2 mahasiswa dari kelompok atas, 2 mahasiswa dari kelompok sedang dan 2 mahasiswa dari kelompok bawah yang selanjutnya dilakukan wawancara terkait kesalahan yang dilakukan pada lembar pekerjaannya. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Pengelompokan tipe-tipe kesalahan menurut Newman yaitu kesalahan ketrampilan proses, kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi dan kesalahan konsep. Berdasarkan analisis pekerjaan mahasiswa, tipe kesalahan ketrampilan proses dilakukan oleh kedua mahasiswa dari kategori atas. Hal ini dikarenakan mahasiswa kurang terampil dan teliti dalam melakukan perhitungan. Tipe kesalahan membaca dilakukan oleh subjek T1, penyebabnya adalah subjek terburu-buru dalam mengerjakan sehingga tidak membaca soal dengan lengkap. Tipe kesalahan transformasi dilakukan oleh 3 subjek yaitu T2, B1, dan B2. Penyebab dari kesalahan ini adalah mahasiswa tidak terampil dan tidak biasa dalam menyamakan koefisien dari suatu variabel. Sedangkan tipe kesalahan konsep dilakukan oleh3 subjek yaitu T1, dan kedua mahasiswa dari kategori bawah. kesalahan ini dikarenakan subjek belum paham pada materi ini, dan tidak bisa menangkap informasi dari soal.
Downloads
References
Amin S, dan Hardi Suyitno. 2015. Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student).International Journal of Education and Research. Vol. 3 No. 1. UNNES
Allan L.W. 2010. Numeracy, Literacy and Newmans Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010, Vol. 33 No. 2, 129 148.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Natcha P, dan Satoshi Nakamura. 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, Vol.9, No.1, pp.111?122. CICE Hiroshima University
Pateda. 1989. Analisis kesalahan. NTT nusa indah