SEBARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL SISWA DENGAN BUTIR SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL)
HOTS, geometri, visualspasial
Abstract
Rendahnya kemampuan visual spasial siswa terlihat pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa setengah dari jumlah objek observasi tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang mengutamakan aspek kemampuan spasial. Padahal kemampuan ini sangat diperlukan dalam memecahkan permasalah geometri ruang. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan visual spasial tersebut, salah satunya dengan melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi, melalui butir soal HOTS. Soal HOTS merupakan proses berpikir yang mengutamakan aspek menganalisis/mengurai (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui sebaran peningkatan kemampuan visual spasial siswa dengan menerapkan butir soal HOTS. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Muhammadiyah Wonosobo tahun ajaran 2018/2019 yang diambil 65 sampel,sejumlah 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa ada kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan spasial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan visual spasial siswa yang menerapkan butir soal HOTS meningkat secara signifikan, dari 9,344 menjadi 13,563 yaitu sebesar 4,219. Sebaran peningkatan secara signifikan terjadi pada kategori kurang sebelumnya 40,63%, menjadi 0%. Selanjutnya pada kategori sangat baik semula 0% meningkat 15,62 %.Downloads
References
NCTM. Geometry, Spatial reasoning, and Measurement. http://www.nctm.org/handlers/aptifyattachmenthandler. Diunduh tanggal 1 Februari 2017
Lewy, Zulkardi, & Nyimas Aisyah. Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. J Pendidikan Matematika.2009; 3 (2): 14-28.
Ronis, Diane. Pengajaran Matematika Sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta Barat: PT Macananan Jaya Cemerlang.2009
Kadek Suarca et al,. Kecerdasan Majemuk Pada Anak. Sari Pediatri. 2005 Sept; 7 (2): 85 92
Clements, Douglas H., dan Michael Batista. Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning: Geometri and Spatial Reasoning. New York: Mac Millan Publishing Company; 1992
Magdalena Lemanska & Ingrid Semanisinov. Geometrical Versus Analytical Approach In Problem Solving-_An Exploratory Study. The Teaching Of Mathematics. 2014; 17 (2): 8495