PENILAIAN KELAYAKAN KREDIT PADA KPRI EDIPENI KEPIL WONOSOBO DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Hidayatus Sibyan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: kelayakan kredit, sistem pendukung keputusan, simple additive weighting

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Penilaian Kelayakan Kredit pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Edipeni Kepil Wonosobo. KPRI Edipeni merupakan koperasi menerima jasa simpan pinjam untuk para anggotanya. Dalam menentukan keputusan terhadap ajuan kredit para anggotanya, kepala koperasi masih bersifat subjektif tanpa adanya perhitungan prosentase nilai kelayakan kredit anggota sehingga keputusannya masih dirasa kurang tepat. Oleh karena itu perlu dibuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk mempermudah kepala koperasi dalam memutuskan ajuan kredit dari anggotanya akan disetujui atau ditolak. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting yaitu sebuah metode dengan cara menjumlahkan bobot rating kinerja dari semua atribut pada masing-masing alternatif. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan nilai kelayakan anggota yang mengajukan kredit pada KPRI Edipeni yang berupa prosentase kelayakan kredit beserta kategorinya. Nilai prosentase tersebut dijadikan acuan bagi kepala koperasi untuk memutuskan apakah ajuan kredit dari anggotanya akan disetujui atau ditolak.

References

Eniyati, S. 2011. Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi.

Hermanto, N. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Menentukan Jurusan Pada Smk Bakti Purwokerto. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012).

Muslihudin, M. and Arumita, A. W. 2016. PEMBUATAN MODEL PENILAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (Sudi : STMIK Pringsewu ). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Nugraha, F., Surarso, B. and Noranita, B. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Pemilihan Pemenang Pengadaan Aset dengan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ). JSINBIS UNDIP.

Prayetno and Muslihudin. 2013. Model Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kelayakan Pemberian Kredit, Jurnal Sarjana Teknik Informatika.

Setiaji, P. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting. Universitas Muria Kudus.
Published
2018-05-30
How to Cite
Sibyan, H. (2018) “PENILAIAN KELAYAKAN KREDIT PADA KPRI EDIPENI KEPIL WONOSOBO DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(2), pp. 198-205. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i2.464.
Section
Articles