PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNSIQ WONOSOBO

  • Hidayatus Sibyan Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Bambang Soedijono W.A Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Amir Fatah Sofyan Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
Keywords:
kualitas website, webqual, CSI, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kualitas website Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ Wonosobo dengan menggunakan pengembangan metode WebQual yang mengacu pada tiga dimensi, website usability, information quality dan interaction quality. Penelitian ini juga menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Selain itu untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan terhadap layanan website, digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA).
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa semua variabel kualitas layanan website berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan tingkat intensitas kunjungan website yang artinya semakin tinggi kualitas layanan, akan semakin tinggi pula tingkat kunjungan website. Hasil analisis CSI diperoleh nilai indeks kepuasan pengguna layanan website sebesar 69,00 %. Berdasarkan hasil analisis IPA terdapat beberapa atribut yang perlu ditingkatkan kinerjanya guna meningkatkan kualitas layanan website Fastikom UNSIQ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsania; Budiarti A.; Fidiana. Kualitas Layanan Situs STIESIA dalam Membangun Kepuasan dan Komitmen Terhadap Situs (Website) STIESIA, Jurnal Akuntansi Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP), Vol.7 No.1, Oktober 2010.

Asrowardi, I. 2013. Rancang Bangun Penilaian Kualitas Website Untuk Mengukur Gap Kualitas Antara Harapan Dan Persepsi Pengguna (Studi Kasus Analisa GAP Kualitas di Website www.polinela.ac.id). Masters thesis, Diponegoro University.

Barnes, Stuart J and Richard T Vidgen. 2000. WebQual: An Exploration of Web Site Quality: Proceedings of the Eight European Conference on Information System. Vol 1.p. 298-305. Vienna. July.

Budi, R.F. 2013. Pengaruh Kualitas Web Terhadap Tingkat Kepuasan Penggunaan Google Scholar (Studi Pada Mahasiswa Unair Sebagai Penunjang Kegiatan Akademis), Jurnal Libri-Net, Vol. 2, No. 1, Published: 2013-01.

Dachlan, Usman. 2014. Panduan Lengkap Structural Equation Modeling-Tingkat Dasar. Lentera Ilmu. Semarang.

Destiniar; Irwansyah, Dedi; Tomhart, Ferdian; Aliansyah, Reska; Syapriadi; Indra, Yayang. 2012. Analisis Website Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) Bandung. Laporan Praktek Kerja Lapangan. Universitas Bina Darma.

Farida, FI. 2011. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api Ekspres Pakuan Jabodetabek (Studi Kasus Kereta Api Ekspres Pakuan Bogor-Jakarta). Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Hartanto, MCB. 2015. Pengaruh Motivasi Penggunaan Media Terhadap eWOM Pada Pengguna Situs Jejaring Sosial Face di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 4 No. 2.

Hasibuan, Zainal A. 2007. Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Jakarta.

Maiyanti, S. I., Irmeilyana, I., & Verawaty, V. 2010. Aplied Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance-Performance Analysis (IPA) to know Student Satisfaction Level of Sriwijaya University Library Services.

Mustafa, EQ, Zainal, EQ dan Wijaya, Tony. 2012. Panduan Teknik Statistik SEM & PLS dengan SPSS AMOS. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Nasution, M.; Mudjahidin, 2013, Analisis Kualitas Layanan Website Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I dengan Metode WebQUal, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2-4 Desember 2013.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Prijanto, B., & Sari, A. R. 2011. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Atas Layanan Akademik Berbasis Web (studi Kasus: Studentsite Universitas Gunadarma), Konferensi Nasional Sistem Informasi.

Ranti M., JA. 2013. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuassan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Saidani, Basrah; Arifin, Samsul. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol. 3 No. 1.

Sanjaya, I., 2012, Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrian Kominfo dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0., Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, Vol. 14 No.1, Juni 2012.

Santoso, Singgih. 2014. Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 22. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan-Teori dan Aplikasi dengan SPSS-Ed.I. Yogyakarta: ANDI.

Wicaksono, B.L.; Susanto, A.; Winarno, W.W., 2012, Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode WebQual Modifikasian. Media Ekonomi & Teknologi Informasi, Vol.19 No.1, Maret 2012.
Published
2016-09-30
How to Cite
SibyanH., W.AB. and SofyanA. (2016) “PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNSIQ WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(3), pp. 174-184. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v3i3.357.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 360 times
PDF downloaded = 152 times