Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Sekolah

  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al Qur'an
Keywords: Metode SMART, Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa

Abstract

SMK Gema Nusantara sebagai suatu lembaga pendidikan memberikan kesempatan beasiswa kepada para peserta didik nya yang memenuhi persyaratan tertentu. Kriteria penerima beasiswa diantaranya siswa yang memiliki peringkat secara paralel, mempunyai prestasi akademik atau non-akademik, telah atau sedang menghafal Al-Qur’an, dan siswa dengan kondisi ekonomi keluarga kurang mampu. Banyaknya kriteria yang diberikan tersebut membuat pihak sekolah sulit menentukan siswa yang berhak menerima beasiswa karena kuota beasiswa sangat terbatas.

Tujuan dari penelitian ini untuk membuat sistem yang bisa mempermudah proses seleksi beasiswa agar penerima beasiswa sesuai dengan urutan prioritas yang tepat. Dalam membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini digunakan metode SMART yang merupakan singkatan dari Simple Multi Attribute Rating Technique, yaitu cara pengambilan keputusan dengan menghitung bobot kriteria pada masing-masing alternatif.

Hasil penelitian telah menghasilkan sebuah SPK dengan metode SMART yang dapat membantu pimpinan SMK Gema Nusantara dalam menentukan siswa penerima beasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholil, S. R., Pinem, A. P. R., & Vydia, V. (2018). Implementasi metode Simple Multi Attribute Rating Technique untuk penentuan prioritas rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana alam. Vol, 4, 1–6.
Kusrini, M., & Kom, M. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Novianti, D., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi- Attribute Rating Technique)(Studi Kasus: Kota Samarinda). Semin Sains Dan Teknol. FMIPA Unmul, 1–5.
Pangaribuan, A. P. W. G. R., Mustika, W. P., & Wanto, A. (2019). Pemilihan Jenis Sapi bagi Peternak Sapi Potong dengan Metode SMART”. Algoritm. J. Ilmu Komput Dan Inform, 3(1), 30–37.
Sibyan, H. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Calon Penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademi dengan Metode Analytic Hierarchy Process. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis 2017 (pp. 21–28). Surakarta: STMIK Duta Bangsa. Retrieved from http://senatib.stmikdb.ac.id/prosiding/index.php/PTIB/article/view/54
Surya, C. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penerima Beasiswa Menggunakan Fuzzy Multi Attribut Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Rekayasa Elektrika, 11(4), 149–156.
Published
2020-01-30
How to Cite
SibyanH. (2020) “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Sekolah”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), pp. 78-83. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i1.1055.
Section
Articles
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 0 times