Analisis Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce

  • M. Trihudiyatmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Kualitas Sistem, Layanan, Keamanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas sistem, layanan, dan keamanan terhadap kepuasan konsumen pada Tokopedia.

Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sains Al-Qur’an yang berjumlah 81 mahasiswa dari tiga jurusan yang berbeda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah Regresi Linear Berganda.

Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem dan layanan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, sedangkan variabel keamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan kualitas sistem yang memiliki t hitung 3,434 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Layanan dibuktikan dengan t hitung 5,224 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan Keamanan dibuktikan dengan t hitung 0,090 dengan nilai signifikan 0,315 > 0,05.

Implikasi – Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi penelitian – penelitian sejenis yang membahas tentang ecommerce.

Orisinilitas – Penelitian ini merupakan yang pertama membahas pengaruh kualitas sistem, layanan, dan keamanan terhadap kepuasan pelanggan ecommerce pada konsumen mahasiswa UNSIQ.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-29
How to Cite
TrihudiyatmantoM. (2024, January 29). Analisis Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 3(1), 48-62. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/magna.v3i1.6794
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 89 times
PDF downloaded = 53 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>