PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, FLASH SALE, DAN GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP IMPULSIVE BUYING
(Studi Kasus Pada Generasi Z Pengguna Shopee Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.32500/jebe.v7i1.9320Keywords:
Hedonic Shopping Motivation, Flash Sale, Impulsive Buying.Abstract
Perkembangan teknologi dan kemudahan mengakses internet dalam bertransaksi jual beli mejadikan Indonesia sebagai pengguna e-commerce terbanyak di dunia. Salah satunya e-commerce Shopee, kemudahan berbelanja yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja dapat menimpulkan perilaku konsumen berupa Impulsive Buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti apakah program yang dimiliki oleh Shopee seperti flash sale dan gratis ongkos kirim serta motivasi berbelanja secara hedonis dapat mempengaruhi perilaku Impulsive Buying Generasi Z pengguna e-commerce Shopee di Indonesia. Data penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 orang Generasi Z dari berbagai wilayah di Indonesia yang memenuhi kriteria dan juga bersedia menjadi responden penelitian. Hipotesis dalam penelitian ini diolah dengan bantuan software Smart PLS 4.0. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa flash sale dan gratis ongkos kirim tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulsive buying, tetapi hedonic shopping motivation berpengaruh secara sognifikan terhadap impulsive buying.
References
Atrian, A., & Sholihah, E. (2024). PENGARUH FLASH SALE , WEBSITE QUALITY DAN PROMOSI GRATIS ONGKIR TERHADAP IMPULSE BUYING DI MARKETPLACE ONLINE SHOPEE ( Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna Shopee di STIE STEKOM KARTASURA ). 4(1), 44–53.
Hadi, S. E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale , Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying ( Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee ). 7(1), 970–980.
Iqbal, M., Andrinaldo, A., & Anggraini, D. (2025). PENGARUH CASHBACK , FLASH SALE , DAN TAGLINE “ GRATIS ONGKIR ” TERHADAP IMPULSE BUYING GENERASI “ Z ” PADA SHOPEE. 1, 4262–4272.
Peran Handayani, F., Parlyna, R., & Yusuf, M. (2021). Ketersediaan Uang dalam Memoderasi Pengaruh Motivasi Hedonis dan Motivasi Utilitarian Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(1), 1–16. http://103.8.12.68/index.php/jbmk/article/view/161
Hashmi, H., Attiq, S., & Rasheed, F. (2019). Factors Affecting Online Impulsive Buying Behavior: A Stimulus Organism Response Model Approach. Market Forces, 14(1), 1–13.
Kurniadi, H. (2023). Buletin Studi Ekonomi Penilaian Produk Dan Gratis Biaya Kirim Pada Keputusan. 28(02), 220–228. https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/index
Maqhfiroh, L., & Prihandono, D. (2019). The Role of Time Availability in Moderating Hedonic Shopping Motivation toward Impulse Buying of Consumer Online at Harbolnas’s Event. Management Analysis Journal, 8(2), 135–145. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/26310
Ozen, H., & Engizek, N. (2014). Shopping online without thinking: Being emotional or rational? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 26(1), 78–93. https://doi.org/10.1108/APJML-06-2013-0066
Putri Andita, M., & Abdurrahim Abi Anwar, U. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Online Di Instagram. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(2), 1177–1188. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i2.48763
Renaldi, A., & Nurlinda, R. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion. Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship, 2(1), 46–61.
Rizkya, S. N., Sarah, S., & Fanji, F. W. (2024). Pengaruh Flash Sale, Gratis Ongkos Kirim, dan Live Streaming terhadap Impulsive Buying pada pengguna Shopee Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 83–99. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i1.1629
Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841
Syahbana, M. Y., & Sartika, D. (2022). Pengaruh Store Image dan Private Label Image serta Perceived Quality terhadap Purchase Intention Produk Private Label Indomaret di Kota Samarinda. Borneo Student Research (BSR), 3(2), 2034–2048. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/2735/1262
