PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PEMAHAMAN AKUNTANSI, DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UMKM BERDASARKAN SAK ETAP (STUDI KASUS PADA UMKM DI KABUPATEN WONOSOBO)

  • Marsella Rahma Auliah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al Quran
  • M. Elfan Kaukab Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al Quran
Keywords:
Tingkat Pendidikan, Pemahaman Akuntansi, Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan, Pelaporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK ETAP

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP.

Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 60 UMKM yang sudah melakukan pembukuan laporan keuangan dan sudah mendapat pelatihan penyusunan laporan keuangan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo.           

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP. Pemahaman akuntansi berpengaruh positif terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP. Pelatihan penyusunan laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap pelaporan keuangan UMKM berdasarkan SAK ETAP.

Penelitian ini secara spesifik menjelaskan bagaimana pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM di Kabupaten Wonosobo, sehingga dapat dijadikan pedoman bagi pelaku UMKKM dalam menyusun laporan keuangan sesuai peraturan yang berlaku.

Penelitian ini hanya terbatas pada 60 UMKM yang ada di Kabupaten Wonosobo yang sudah masuk kedalam kriteria penelitian. Sehingga disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas objek penelitian agar tidak hanya 60 UMKM yang ada di Kabupaten Wonosobo, melainkan menambah objek lain seperti Kabupaten Banjarnegara atau Kabupaten Temanggung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-19
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 342 times
PDF downloaded = 947 times