PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN ONLINE DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDY KASUS PADA SANTRI MA’HAD MAMBA’UL QUR’AN WONOSOBO)
harga, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi. Analisis ini menggunakan variabel Independen ( Eksogen) yaitu harga, kualitas produk dan kepercayaan. Variabel dependen (Endogen) yaitu kepuasan pembelian online dan keputusan pembelian online.
Sampel dari penelitian ini adalah santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo. Sampel yang dilakukan dengan metode non probability sampling pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebar langsung kepada santri Ma’had Mamba’ul Qur’an Wonosobo yang pernah melakukan pembelian online sebanyak 100 kuesioner. Metode statistik menggunakan analisis berganda SEM (Struktural Equation Modeling) dengan pengujian hipotests Goodness of fit.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan pembelian online, kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelian online, kepercayaan berpengaruh negatif terhadap kepuasan pembelian online, harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi, kualitas produk berpengaruh negatif terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi, kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pembelian online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi.
Kata kunci : harga, kualitas produk dan kepercayaan terhadap pembeliam online dengan keputusan pembelian online sebagai variabel mediasi.