PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA E-COMMERCE SEBAGAI UAPAYA PENINGKATAN LAYANAN
E-Commerce, CRM, Fashion
Abstract
Di era digital yang terus berkembang, E-Commerce menghadapi tuntutan mendesak untuk menggabungkan teknologi canggih dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini memfokuskan pada implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam sektor E-Commerce fashion, mengkaji pengaruh teknologi dan strategi CRM terhadap peningkatan layanan pelanggan dan penguatan hubungan dengan pelanggan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengeksplorasi strategi CRM yang efektif yang bisa diintegrasikan ke dalam operasi bisnis E-Commerce fashion untuk maksimalisasi kepuasan pelanggan, peningkatan retensi pelanggan, dan mendorong pertumbuhan penjualan. Melalui metode kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini mengevaluasi data dari berbagai sumber, termasuk survei pelanggan, wawancara dengan manajer, dan tinjauan terhadap sistem serta platform CRM yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi fitur personalisasi, dukungan pelanggan melalui berbagai kanal, dan segmentasi pasar yang efektif dalam CRM memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasil ini menandakan bahwa integrasi CRM yang strategis dan berbasis teknologi dalam E-Commerce fashion tidak hanya memperbaiki efisiensi layanan, tetapi juga menguatkan hubungan dengan pelanggan, yang sangat penting dalam persaingan pasar saat ini.
Downloads
References
Arifianto, E. Y., Santosa, P. B. and Kurniawati, S. (2018) ‘Perancangan E-commerce untuk Mengembangkan Pemasaran dan Pemesanan Produk Industri Kreatif Kerajinan Kayu’, Seminar Nasional IENACO, pp. 575–582.
DUBEL, M. (2022) ‘Modeling of Forecast for the Development of International Electronic Commerce’, Herald of Khmelnytskyi National University. Economic sciences, 304(2(1)), pp. 145–153. doi: 10.31891/2307-5740-2022-304-2(1)-20.
Hartono, R. and Ramadhan, T. I. (2022) ‘Implementasi Metode User Centered Design (UCD) dengan Framework Kanban dalam Membangun Desain Interaksi’, Jurnal Algoritma, 19(2), pp. 823–831. doi: 10.33364/algoritma/v.19-2.1203.
Lestari, D. A., Utomo, H. W. and Septiadi, A. D. (2023) ‘Redesign Website Pariwisata Berbasis User Centered Design (UCD)’, JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 10(2), p. 615. doi: 10.30865/jurikom.v10i2.6096.
Mantri, B. H. (2007) ‘Dalam Transaksi E-Commerce Dalam Transaksi E-Commerce’, pp. 1–5.
Maxwell, S. and Khan, A. M. (2022) ‘Electronic Customer Relationship Management (E-CRM): A Study of Its Role, Influence & Benefitsto E-Commerce’, Management Dynamics, 18(1), pp. 43–51. doi: 10.57198/2583-4932.1039.
Mumtahana, H. A., Nita, S. and Tito, A. W. (2017) ‘Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran’, Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), p. 6. doi: 10.23917/khif.v3i1.3309.
Oktaviani, I., Atina, V. and Nugroho, D. (2019) ‘E-Farm Marketplace In Hasanah SMEs’, International Conference of Health, Science & Technology (ICOHETECH) 2019, pp. 198–200.
Oktaviani, I., Nofikasari, I. and Ardiyanto, M. (2022) ‘E-Commerce Pada Umkm Desa Wisata’, Device, 12(2), pp. 104–109. doi: 10.32699/device.v12i2.3588.
Pertiwi, D., Siagian, Y. and Syahputra, A. K. (2022) ‘E-Crm for Sales of Fashion Products At Jannah Simpang Four Boutique’, Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(4), pp. 929–937. doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.4.474.
Ramane, N. et al. (2019) ‘A Review on Different E-commerce Sites with Outfit Composition’, 7(3), pp. 143–145.
Wahyunningrum, T. and Januarita, D. (2015) ‘Jurnal Politeknik Caltex Riau Implementasi dan Pengujian Web E-commerce untuk Produk Unggulan Desa’, Jurnal Komputer Terapan, 1(1), pp. 57–66. Available at: http://jurnal.pcr.ac.id.
Xu, H., Yan, X. and Zheng, H. (2023) ‘Analysis of the Investment Value of the E-commerce Industry’. doi: 10.4108/eai.18-11-2022.2326935.
Yehdeya, E. F. et al. (2023) ‘Analisis User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Sudut Elevasi Pemukul Gamelan Metaverse Virtual Reality Menggunakan User Centered Design (UCD)’, JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 7(1), p. 137. doi: 10.26798/jiko.v7i1.757.
Yıldız, E., Güngör Şen, C. and Işık, E. E. (2023) ‘A Hyper-Personalized Product Recommendation System Focused on Customer Segmentation: An Application in the Fashion Retail Industry’, Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 18(1), pp. 571–596. doi: 10.3390/jtaer18010029.