PERAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL (UMK)

  • Meydisah Rahma Sari STIE Bhakti Pembangunan
  • Syahwa Alifia STIE Bhakti Pembangunan
Keywords:
Peran Media Sosial, Usaha Mikro Kecil (UMK), Pemasaran Online

Abstract

Di era globalisasi saat ini membawa dampak yang luar biasa terhadap berbagai aspek kehidupan baik positif maupun negatif. Salah satu aspek positif dari globalisasi adalah perkembangan teknologi dan internet saat ini. Perkembangan teknologi dan informasi dapat diakses dimanapun dan oleh siapapun. Maka dari itu, teknologi informasi menawarkan banyak manfaat bagi pelaku UMK untuk meningkatkan produktivitas dan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari media sosial bagi pelaku UMK. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode data primer yang diperoleh berdasarkan survei kuesioner dengan yang menjadi target penelitian ini adalah pemilik atau pengelola UMK yang dipilih dengan kriteria. Penelitian ini menunjukkan bahwa sudah banyak pelaku UMK yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk berbisnis. Pelaku UMK juga merasakan manfaat dari media sosial seperti membantu promosi produk dan jasa, berkomunikasi dengan konsumen dan meningkatkan skala usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta).
Haeruddin, N., Wahida, A., & Maming, R. (2023). Peran Media Sosial dan E-Commerce bagi UMKM dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jesya, 6(1), 625–637.
Maria Nila Anggia, & Muhammad Rifki Shihab. (2019). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159–170.
Nurfajri, Abdul Hamid, & Rifyal Dahlawy Chalil. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 111–123.
Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15.
Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah ( UKM ) ( The benefit of Social Media for Small Medium Enterprises ). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November 2015, 41–46.
Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39.
Shanti Meyske Karim, D., Rahmad Pakaya, A., & Lesmana Radji, D. (2022). Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Produk UMKM Tinelo Putri Di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara Kecamatan Anggrek. Jambura, 5(2), 576–582.
Situmorang, S. H., Mulyono, H., & Berampu, L. T. (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing bagi Usaha Kecil textbar Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business. Asian Journal of …, 1(2), 77–84.
Srirejeki, K. (2016). Analysis Of The Use Of Social Media To Empower Small Micro Medium Enterprise (SMEs). 57–68.
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 26 times
PDF downloaded = 14 times