PENGARUH PROMOSI DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STARBUCKS PADA GENERASI Z

  • Merizka Halim Universitas Katolik Musi Charitas
  • Saparudin Hidayah Universitas Katolik Musi Charitas
Keywords:
Promosi, Customer Relationship Management, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan customer relationship management terhadap keputusan pembelian Starbucks pada Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 120 responden yang dipilih secara acak dari populasi Generasi Z. Banyaknya bisnis coffee shop yang bermunculan membuat daya saing dalam bisnis ini semakin ketat yang mendesak pengusaha bisnis di bidang coffe shop harus semakin inovatif dalam mengembangkan bisnisnya, yang salah satunya tentu melakukan promosi terhadap bisnisnya. Starbucks juga menerapkan customer relationship management yang efektif sebagai taktik untuk memengaruhi keputusan pembelian Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan customer relationship management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Starbucks pada Generasi Z. Promosi berpengaruh positif terhadap kesadaran merek, citra merek, dan kepuasan pelanggan. Customer relationship management berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan atau bisnis dalam mengembangkan strategi pemasarannya. Perusahaan atau bisnis perlu memperhatikan aspek promosi dan customer relationship management dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian konsumen, khususnya Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cindy Alfian, Sabrina O. Sihombing. 2021 . Anteseden Loyalitas Merek : Studi Empiris Pada Konsumen Starbucks. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Vol. 5, No. 1, April 2021: hlm 99-110. ISSN-L 2579-6232 (Versi Elektronik) ISSN 2579-6224.
Dhita Adriani Rangkuti, Mey Monita Lestari Manalu, Sartika Nanda Lestari, Brian Robuli, Irfan Boy Samosir. 2021 . Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Costumer Relationship Management Terhadap Keputusan Pembelian Pada Asuransi Astra (Garda OTO). Costing: Journal of Economic, Business and Accounting Volume 4 Nomor 2, Juni 2021 e-ISSN: 2597-5234.
Dini Asraini. 2019 . Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Nusantara Surya Sakti Sumbawa. JURNAL Manajemen dan Bisnis vol.2 no.1.
Imam Munandar, Tika Nirmala Sari, S.E,M.M. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada CV Mars Global Group. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen (EBISMEN) vol.2, no.1 Maret 2023 e-ISSN: 2962-7621; p-ISSN: 2962-763X, Hal 15-26.
Indah Fajar Rosalina, Joana Abigail Jonathan. 2023 . Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Customer Loyalty Starbuck Sunter Mall. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi. ISSN: 2621-1645. Vol. 10(01): 50-59, 2023. DOI: 10.22236/komunika.v10i1.10392.
Indah Permata Sari, AMA Suyanto. 2022. Analisis Preferensi Pilihan Gen Z Dalam Memilih Minuman Kopi Starbucks Di Indonesia. ISSN : 2355-9357. e-Proceeding of Management : Vol.9, No.3 Juni 2022 | Page 1316.
Intan Lina Katrin, H.p Diyah Setyorini, Masharyono. 2016 . Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. THE JOURNAL GASTRONOMY TOURISM. Volume 3 Nomor 2, Desember 2016, 75-83. Available online at: https://ejournal.upi.edu/index.php/gastur.
Khoirun Nisa Bahri, Delfta Tunjung Baswarani, Santika. 2022 . Customer relationship management, brand image, social media instagram, dan efeknya terhadap keputusan pembelian produk jasa ALC Indonesia. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Volume 5, Number 4, 2022. P-ISSN: 2622-2191 E-ISSN: 2622-2205.
Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti, Muhammad Anasrulloh. 2020 . Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pemilihan Tempat Kos Mahasiswa di Tulungagung). Vol. 8 No. 2, September 2020.
Muhamad Syahrir Hidayat. 2021. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop di Kota Gresik. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 6, Nomor 4, Oktober 2021.
Rizqa Janati Adnin, Nawazirul Lubis & Widayanto. 2013. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Nasmoco Pemuda Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politic Of Science Tahun 2013, Hal. 1-8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/.
Surya Sanjaya. 2015. Pengaruh promosi dan merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 16, No. 02, Oktober 2015 ISSN: 1693-7619 (Print) http://jurnal.umsu.ac.id
Syahidah Amanina, Rifaatul Indana. 2022 . Pengaruh Content Marketing dan Influencer terhadap Minat Menggunakan Layanan Bank Syariah Indonesia Melalui Brand Image Sebagai Intervening. Aminah - Journal Islamic Economic and Financial - Volume 1 No 2, Desember 2022.
Syifa Puspa Pertiwi, Kiki Rizki Amelia, Wahyu Adiningsih, Sewaka, Katry Anggraini. 2022. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Routine Coffee & Eatery di Tanggerang Selatan. Volume 2, nomor 4, Oktober 2022.
Tria Husnul Chotimah, Asep Parantika. 2022 . Analisis Perilaku Pelanggan Generasi Y dan Z Dalam Memilih Coffee Shop Brand Lokal. ISSN No. 1978-3787 Open Journal Systems. Vol.17 No.5 Desember 2022.
Veren, Ida Ayu Kalpikawati. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian di Starbucks Kuta Bali. Jurnal Gastronomi Indonesia| P-ISSN 2302-8475| E-ISSN 2581-1045 Vol. 8 No. 2 – Desember 2020 DOI: 10.52352/jgi.v8i2.551.
Yanuar Wibisana. 2021 . Pengaruh Strategi Promosi dan Brand Awarness Terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee di Cipete. Journal of Economics & Business UBS e-ISSN: 2774-7042 p-ISSN: 2302-8025 Vol. 10 No. 1 Januari-Juni 2021.
Yunita Amelia, Dewi Sukmasari. 2022 . Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Starbucks Coffee. Journal of Economic and Business Research. Vol. 2, No. 1,Maret 2022, page 47-56. available online at: http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB.
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 35 times