PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MELALUI PERAN MEDIASI SIKAP
Persepsi Kemudahan , Minat ,Sikap
Abstract
Penelitian ini menunjukkan pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan media sosial. Tetapi, hubungan antara persepsi kemudahan dan minat terhadap prosedur pengakuan teknologi tak senantiasa pasti. Peran sikap sebagai mediator merupakan aspek yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Penelitian ini mengangkat pendekatan TAM (Technology Acceptance Model), dimana Technology Acceptance Model (TAM) ialah konsep yang dirancang untuk menegaskan perilaku pengguna dalam mengadopsi dan menggunakan teknologi. Analisis statistik dilakukan guna untuk mengevaluasi hubungan antara persepsi kemudahan terhadap sikap melalui peran mediasi sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi kenyamanan dan minat melalui fungsi mediasi sikap. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pembaca mengenai persepsi kemudahan terhadap minat melalui sikap.
Downloads
References
Andrian, A. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Sikap Penggunaan terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System (Studi pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Habibi, M., & Zaky, A. (2014). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Syariah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1).
Himawati, R. R. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Solo) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Irianto, B. S. (2020). Mediasi Sikap Pada Pengaruh Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Ukm Di Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 22(1), 1-13.
I’tishom, M. F., Martini, S., & Novandari, W. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi harga terhadap sikap serta keputusan konsumen untuk menggunakan Go-Pay. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(4), 514-532.
Karnadi, Z., Zulkarnain, Z., & Alwie, A. F. (2018). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, sikap, kontrol prilaku, dan norma subyektif terhadap minat penggunaan uang elektronik pada Bank BUMN di kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 10(3), 617-631.
Novitasari, I. (2016). Pengaruh Kecocokan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(2).
Prasetya, H., & Putra, S. E. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Risiko pada Minat Penggunaan e-Money di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151-158.
Santioso, L., Daryatno, A. B., & Aristha, A. J. (2018). Analisis persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kesiapan teknologi informasi, keamanan dan kerahasiaan terhadap minat perilaku penggunaan e-filling. Jurnal Akuntansi.
Tjini, S. S. A., & Baridwan, Z. (2013). Pengaruh kepercayaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi kenyamanan terhadap minat penggunaan sistem internet banking. Jurnal Imliah Mahasiswa FEB (Online), 1(2).
Tasem, S., Siti, N., & Oky, O. (2022). Intensitas pengguna media sosial Instagram terhadap minat fotografi generasi Z Indonesia. https://binapatria.id/index.php/MBI Tony Sitinjak, M. M. (2019). Pengaruh persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2).