PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN, NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH PHOTO DI KOTA LANGSA

  • Aja Afwan Universitas Samudra
  • Dewi Rosa Indah Universitas Samudra
  • Maulana Rahman Universitas Samudra
Keywords:
Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman pelanggan, nilai pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Photo di Kota Langsa. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Populasi tidak diketahui secara pasti, sehingga menggunakan rumus Hair et al, jumlah sampel yang didapat sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan Y= 2,750 + 0,160 X1 + 0,97 X2 + 0,444 X3. Hasil uji t diperoleh pengalaman pelanggan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Photo di Kota Langsa, nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Photo di Kota Langsa, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Photo di Kota Langsa. Hasil uji F diperoleh secara simultan pengalaman pelanggan, nilai pelanggan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Photo di Kota Langsa. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 54% variabel pengalaman pelanggan, nilai pelanggan dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan variabel kepuasan konsumen pada Rumah Photo di Kota Langsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhari, I. Z. 2021. Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.
Astiti, G. W. Hartono dan Hidayat, M. S. 2022. Pengaruh Customer Experience, Creatifity, dan Innovation Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Foto Studio (Studi Kasus Pada Happy Moment Studio Mojokerto). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen dan Akuntansi (JISMA). 1(3); 289-296.
Dewi, Meutia. 2020. Analisis Pengaruh Layanan dan harga terhadap Kepuasan Pada Morris Bakery Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika. 4(2); 191-200.
Firmansyah, A. M. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media.
Gomoi, N. J., Tampi, J. R. E. dan Punuindoog, A. Y. 2021. Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen (Pasien) Rawat Inap Irina C Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Productivity. 2(6); 507-510.
Hair, Joseph. F. et al. 2014. Multivariate Data Analysis, New International Edition. New Jersey: Pearson Education Limited.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, P. dan Keller, K.L. 2016. Marketing Management, 15th Editions. New Jersey: Person Education. Inc.
Nurhalimah, N. dan Nurhayati, A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 6(2); 1-5.
Pranoto, R.G. 2015. Analisa Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Pada Konsumen di Rosetta’s Cafe & Resto Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran. 3(1); 1-9.
Ristia, N. D. dan Marlien, R. A. 2022. Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada pelanggan Albania Coffee Boja). YUME: Journal Of Management. 5(1) ; 1-16.
Sarifuddin, T., Raheni, C., Putra, S. M. dan Lilik, N. N. 2022. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Makeup. Jurnal Sinar Manajemen. 9(2); 272-277.
Siregar, S., Andria, N. dan Muplihah, P. 2020. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Studio Photo Oculus. CAM Journal. 4(1); 55-70.
Smith, P.R. dan Tailor, J. 2021. Komunikasi Marketing Sebuah Pendekatan Terpadu. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Usvella, E., Qomariah, N. dan Wibowo, Y. G. 2019. Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. 5(2); 302-312.
Wardhana, Erik. 2019. Pengaruh Nilai Utilitarian, Nilai Hedoni, Pengalaman Pelanggan, Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Sonny Vaio. Jurnal Ekonomi dan Industri. 20(2); 1-17.
Yanti, F., Karim, A. dan Wadud, M. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Studio Ribka Foto Cabang Sekip di Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Masa Kini. 8(2); 47-52.
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 21 times