PENGARUH SOSIAL DAN NILAI BUDAYA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL MELALUI SIKAP GENERASI Z DI KOTA PALEMBANG
Pengaruh Sosial, Nilai Budaya, Minat, Sikap
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi pengaruh sosial influences dan culture values terhadap minat menggunakan media sosial melalui sikap Generasi Z di Kota Palembang. Metode kuantitatif digunakan dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data dari sampel Generasi Z di Kota Palembang. Analisis statistik dilakukan untuk mengevaluasi hubungan antara sosial influences, culture values, sikap Generasi Z, dan minat mereka dalam menggunakan media sosial. Hasilnya diharapkan memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku penggunaan media sosial Generasi Z di Kota Palembang, dengan implikasi bagi perusahaan, pemerintah, dan lembaga pendidikan dalam merancang strategi yang sesuai dengan nilai budaya dan pengaruh sosial Generasi Z.
Downloads
References
Dahlia, S. (2016). Perubahan Sosial dan Budaya Akibat Media Sosial. 4(2), 307–338.
Delvia, R. ,Setiawati, Martono, & Nanang, H. (2021). Nilai budaya dalam novel “Lontara Rindu” karya S. Gegge Mappangewa.
Fadhlizha, I. ,Rinanda ,Firamadhina, & Hetty, K. (2021). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Heldi, P. (2021). Upaya Bela Negara Generasi Z Berbasis Pengembangan Media Sosial.
Ilma, ,Wulansari ,Hasdiansa, Sitti, H., & Nurul, F. ,Aswar. (2023). Pengaruh media sosial terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan generasi milenial dan generasi Z. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jbk
Maria, U. (2018). Pengaruh media sosial komunikasi pemasaran terhadap sikap konsumen generasi Z di Yogyakarta.
Pitoewas, B., Nurhayati, N., Putri, D. ,Sutrisno, & Yanzi, H. (2020). Analisis kepekaan sosial generasi Z di era digital dalam menyikapi masalah sosial. Kajian Teori Dan Praktik PKn, 07(1), 17–23.
Ricky, K. ,Susanto, & Wilma, L. ,Sahetapy. (2021). Pengaruh sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku terhadap minat beli produk Levi’s pada generasi milenial (Vol. 9, Issue 2).
Riki, K., & Muhammad, A. ,Adriansyah. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Jurnal Imiah Psikologi, 9(2), 323–336. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Tasem, S., Siti, N., & Oky, O. (2022). Intensitas pengguna media sosial Instagram terhadap minat fotografi generasi Z Indonesia. https://binapatria.id/index.php/MBI
Veronica, & Rodhiah. (2021). Pengaruh privacy, social influence terhadap online purchase intention: trust sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 235. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.9657
Wirantika, S., & Mutia, H. ,Avezahra. (2023). Pengaruh Budaya terhadap Remaja. Jurnal Flourishing, 3(5), 205–210. https://doi.org/10.17977/10.17977/um070v3i52023p205-210