PENGARUH PROMOSI, PENETAPAN HARGA DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PRODUK MIE INSTAN INDOMIE DI KARANG JAHE BEACH REMBANG)

  • Ridho Wahyudi Universitas YPPI Rembang
  • Muhammad Tahwin Universitas YPPI Rembang
Keywords:
promosi, penetapan haga, distribusi, kepuasan pembeli.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh promosi, penetapan harga, dan distribusi terhadap keputusan pembelian pada konsumen prdoduk indomie di Karang Jahe Beach Rembang. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen produk mie instan Indomie yang ada di Karang Jahe Beach Rembang yang pernah membeli dan mengkonsumsi mie instan Indomie. Teknik sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanayak 100 responden. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel promosi dan distribusi berpengaru positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada konsumen prdoduk indomie di Karang Jahe Beach Rembang. Sedangkan pada variabel penetapan harga menunjukkan bahwa berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian mi instan Indomie di Pantai Karangjahe Rembang.  Nilai Adjusted R Square sebesar 0,013atau 13% % sisanya dapat dihubungkan dengan elemen-elemen lain yang tidak dijelaskan dalam kerangka observasi ini. Kesimpulan dari penelitian yaitu promosi dan distribusi berpengaruh terhadap Keputusan pembeli sedangkan penetapan harga tidak berdampak terhadap keputusan pembeli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto, D., & Puspita, A. (2019). PENGARUH SHIFT KERJA TERHADAP KINERJA MELALUI VARIABEL KELELAHAN DAN BEBAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PT M.I. JISO : Journal of Industrial and Systems Optimization. https://doi.org/10.51804/jiso.v2i1.23-28
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition. In The Economic Journal.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management 16th Global Edition. In Pearson Education Limited.
Mudurikah, S., Ashari, M. Y., Wardaningtri, Y., & Saryadi. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Indomie. HUBISINTEK : Hukum Bisnis Sains Dan Teknologi, 2(1).
Prayogo, R. R., Pramana, D., & Azizah, N. (2019). KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DITRIBUSI, KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI PADA PRODUK INDOMIE. Jurnal Bisnis Indonesia, 10(2).
Purwo, I. A., & Adhilla, F. (2018). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MIE INSTAN INDOMIE DI YOGYAKARTA. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.12928/fokus.v8i1.1583
Robyanto, B., Akramiah, N., & Pudyaningsih, R. (2018). ANALISIS PENETAPAN HARGA, PROMOSI DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK CAMILAN. Jurnal EMA, 3(2). https://doi.org/10.47335/ema.v3i2.30
Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931
Sepang, A., Kaunang, M., & Sampe, S. (2019). Analisis Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Dalam Pengawasan Minuman Beralkohol Studi Di Kota Manado. Jurnal Eksekutif, 3(3).
Styaningrum, & Niati. (2019). PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Studi Pada Rumah Brownies Maylisa). Buletin Bisnis & Manajemen, 05(02).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 33 times