ANALISIS USABILITY USER EXPERIENCE PADA WEBSITE PPDB AL-ASY’ARIYYAH MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE
Website PPDB Al-Asy’ariyyah, Use Questionnaire, Usability
Abstract
Web PPDB Al-Asy’ariyyah merupakan website yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pendaftaran di sekolah yang berada di naungan yayasan Al-Asy;ariyyah. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat usability user experience pada website PPDB Al-Asy’ariyyah dengan menggunakan metode use questionnaire yang mempunyai beberapa aspek yaitu usefulness, ease of use, ease of learning, satisfaction. Usability bisa diartikan sebagai tingkat kualitas dari suatu produk yang mudah digunakan, mudah dipelaari, dan mendorong pengguna untuk menggunakannya sebagai alat bantu dalam menyelesaikan tugas. Hasil dari penelitian usability pada website PPDB Al-Asy’ariyyah menggunakan metode use questionnaire yang berjumlah 30 pertanyaan dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata-rata aspek use questionnaire adalah usefulness(87%), ease of use(86,2%), ease of learning (87,56%) dan satisfaction (87%). Berdasarkan dari analisis usability tersebut maka website PPDB Al-Asy’ariyyah sangat layak digunakan.
Downloads
References
Ghaffur, T. A., & Nurkhamid, N. (2017). QUALITY ANALYSIS OF MOBILE WEB-BASED SCHOOL ACTIVITIES INFORMATION SYSTEM IN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 6(3), 1-7.
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Pratama, F. R. A., Styawati, S., & Isnain, A. R. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Web Engineering. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(2), 61-66.
Viyono, A., Asmarajati, D., & Rohman, S. (2022). PENGUJIAN USABILITY DALAM USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BRIMOLA MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(2), 321-330.