SISTEM PAKAR PENENTUAN ALAT UNTUK INSTALASI JARINGAN DENGAN METODE ITERATIVE DICHOTOMISER TREE (ID3)

  • Khotib Surahman Universitas Sains Al-Qur’an
  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nur Hasanah Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
installasi, jaringan, internet, sistem pakar

Abstract

Jaringan internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan antara perangkat komputer dengan jaringan komputer yang tersebar di seluru dunia. Hal ini berarti semua jenis dan tipe komputer yang ada diseluruh dunia dapat terhubung dengan menggunakan tipe jaringan komunikasi seperti satellite, sambungan telepon, kabel fiber optic dan lain sebagainya. Dalam membangun jaringan internet ada beberapa hal yang perlu disiapkan diantarnya yakni installasi jaringan atau pemasangan jaringan internet. Banyak jenis dalam installasi jaringan internet seperti jaringan wireless, jaringan wired (kabel) yang menggunakan kabel UTP atau menggunakan kabel fiber optic. Installasi jaringan internet diperlukan tenaga ahli yang mengerti tentang pemasangan installasi jaringan internet sehingga didapatkan jaringan internet yang berjalan dengan baik dan efesian untuk di akses oleh pengguna. Dan pengertahuan tentang alat-alat jaringan yang perlu disiapkan dalam membangun jaringan internet. Berdasarkan kendala tersebut, dirasa perlunya ada sistem pakar penentuan alat jaringan internet yang membantu para teknis atau admin jaringan dalam membangun sebuah jaringan yang dikelolanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriawan, D. A. (2021). Sistem Pakar Untuk Memprediksi Penyakit Pada Hewan Ternak Sapi Menggunakan Pohon Keputusan Id3. Journal of Engineering, Computer Science and Information Technology (JECSIT), 1(1).
Risnaputra, I., & Triyono, G. (2020). Implementasi CMS wordpress pada e-commerce untuk pelayanan katering Cv. Alam Jaya. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 3(1), 481-485.
Sifaunajah, A., & Wahyuningtyas, R. D. (2022). Penggunaan Algoritma ID3 Untuk Klasifikasi Data Calon Perserta Didik. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 14(2), 103.
Suripto, T. (2019). Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk Dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era Disruption. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 8(2), 120-128.
Wahid, A. A. (2020). Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi. J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, 1-5.
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 110 times
PDF downloaded = 71 times