EVALUASI USABILITY DALAM USER EXPERIENCE PADA APLIKASI RSUD SETJONEGORO WONOSOBO DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

  • Neneng Fitriyatus Sholekhah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Saifu Rohman Universitas Sains Al-Qur'an
  • Rina Mahmudati Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Aplikasi RSUD Wonosobo, System Usability Scale, User Experience

Abstract

RSUD Setjonegoro Wonosobo adalah salah satu rumah sakit yang telah hadir memberikan layanan secara online salah satunya dari segi pendaftaran online klinik rawat jalan. Dengan meluncurkan aplikasi mobile RSUD Setjonegoro Wonosobo, dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan akan mempermudah dan mempercepat proses pelayanan pendaftaran pasien RSUD. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam proses penggunaan aplikasi RSUD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebergunaan atau usability aplikasi RSUD dengan menggunakan metode system usability scale. Dari hasil penelitian dengan 98 responden pengguna aplikasi RSUD didapatkan hasil skor rata-rata system usability scale 54. Interpretasi menunjukan skor pada grade D dengan percentile range 15-34. Aplikasi RSUD termasuk dalam kategori baik (OK) pada skala sifat (adjectives) dan dapat diterima secara marginal rendah. Pada Net Promotore Score (NPS) responden bersikap Detractors. Dari hasil tersebut, aplikasi RSUD tidak memiliki hasil yang sangat baik atau luar biasa oleh penggunanya. Oleh karena itu diberikan beberapa rekomendasi perbaikan yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pengembang untuk melakukan perbaikan usability aplikasi RSUD Setjonegoro Wonosobo kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, Livia., Ferra Yanuar & Dodi Devianto. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika Unand, 8(1), 179 – 188.
Brooke, John. (2013). SUS: A Retrospective. Journal Of Usability Studies, 8(2), 29- 40.
Henim, Silvana Rasio & Rika Perdana Sari. (2020). Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(1), 69 – 78.
Kesuma, Dorie P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), 1615-1626.
Kesuma, Dorie Pandora. (2020). Evaluasi Usability Pada Web Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan Sistem Usability Scale. JTSI, 1(2), 212-222.
Mubarok, Acep Zoni Saeful. (2020). Prospek Nazhir Wakaf Global Berbasis Pesantren Di Era Digital. Jurnal Bimas Islam,13(1).
Nurjaya. (2022). Digital Entrepreneurship. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Sabandar, Vederico Pitsalitz & Harry Budi Santoso. (2018). Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing. TEKNIKA, 7(1).
Saputra, Ade. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 1(3), 206-212.
Solihah, Ana Amirotun & Savitri Citra Budi. (2018). Keefektifan Sistem Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6(1).
Subani, Muita., Idrus Ramadhan., Sumarno., & Arman Syah Putra. (2021). Perkembangan Iot Dan Instalasi Komputer Terhadap Perkembangan Kota Pintar Di Ibukota DKI Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 95 times
PDF downloaded = 64 times