SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PESERTA DIDIK BARU JALUR PRESTASI AKADEMIK DI MAN 1 WONOSOBO MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW)

  • Khafiska Khoerunnisak Universitas Sains Al-Qur'an
  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nur Hasanah Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Sistem Pendukung Keputusan, SAW, PPDB

Abstract

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahun sekali oleh pihak sekolah/madrasah. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa jalur seleksi yang dilakukan. Proses seleksi peserta didik baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Wonosobo terdapat 3 (tiga) jenis jalur yaitu jalur prestasi akademik, prestasi non akademik dan reguler. pada proses seleksi melalui jalur prestasi akademik membutuhkan banyak waktu, biaya dan tenaga. Sehingga untuk memudahkan dalam melaksanakan proses seleksi melalui jalur prestasi akademik dibutuhkan sebuah tools atau alat yang dapat digunakan dalam membantu dalam proses seleksi melalui jalur prestasi akademik. Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membantu dalam memberikan rekomendasi keputusan dalam sebuah seleksi. Dalam proses perhitungan dalam Metode Simple Additive Weighting (SAW) hal pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan pembobotan selanjutnya melakukan normalisasi dari masing-masing alternatif yang sudah diinputkan. Pada proses perhitungan dilakukan dengan melakukan normalisasi sehingga dapat ditemukan hasil preferensi serta menentukan perankingan untuk dapat memerbikan rekomendasi keputusan berdasarkan hasil tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawi, M. F., & Baihaqy, M. A. M. (2019). Implementasi Metode Simple Additive Weigth (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), 198-205.
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2(2), 39-46.
Irawan, D., & Mafrudhoh, N. (2017). Analisis Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Keputusan Pembebasan Biaya Bagi Siswa Yang Kurang Mampu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Study Kasus Mi Hidayatuul Mubtadiin Srikaton Adiluwih). Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 7, 27-37.
Sibyan, H. (2018). Penilaian Kelayakan Kredit pada KPRI Edipeni Kepil Wonosobo dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(2), 198-205.
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis metode pengembangan sistem informasi berbasis website: a literatur review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 119-133.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 89 times
PDF downloaded = 75 times