RANCANG BANGUN SISTEM KLASIFIKASI HASIL AKHIR EVALUASI PERKEMBANGAN HARIAN SISWA DI SHAFIYA SMART SCHOOL DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER BERBASIS WEBSITE

  • Ilham Dwi Kurniawan Universitas Sains Al-Qur'an
  • Erna Dwi Astuti Universitas Sains Al-Qur'an
  • Adi Suwondo Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Perkembangan Siswa, Menentukan Hasil Akhir, Klasifikasi, Shafiya Smart School, Naïve Bayes Classifier

Abstract

Shafiya Smart School merupakan sebuah Kelompok Bermain yang sistem pemberian nilai kepada siswanya menggunakan sistem perkembangan siswa. Sistem perkembangn ini terbagi kedalam 4 tingkat perkembangan, yaitu : Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Shafiya Smart School menerapkan  sistem ini sebagai evaluasi perkembangan harian siswa, tetapi sistem untuk menentukan hasil akhir dari evaluasi perkembangannya masih menggunakan cara yang konvensional. Karena data evaluasi perkembangan harian siswa yang terlalu banyak, Sehingga rentan terhadap kesalahan dan relatif lambat dalam menentukan hasil akhir dari evaluasi perkembangan harian  siswa.

Untuk mengatasi masalah ini perlu dibuatkan sistem klasifikasi hasil akhir dari evaluasi perkembangan harian siswa dengan metode Naïve Bayes Classifier, Karena metode ini mampu memprediksi peluang dimasa depan berdasarkan pengalaman dimasa lalu. Metode ini akan sangat berguna untuk mengatasi masalah ini, karena hasil akhir dari evaluasi perkembangan harian di tahun sebelum-sebelumnya dapat digunakan untuk mengetahui hasil akhir dari evaluasi perkembangan harian ditahun ini maupun beberapa tahun ke depan, serta hanya membutuhkan jumlah data latih yang kecil. Oleh karena itu dengan dibuatnya sistem klasifikasi ini dapat membantu guru dalam menentukan hasil perkembangan siswanya dengan lebih mudah dan terhindar dari kesalahan, serta bisa dilakukan dengan lebih  cepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, Husnul. 2019. Pendidikan Anak Usia Dini : Peletak Dasar Pendidikan Karakter. Bengkulu : Zigie Utama.
H.M, Jogiyanto. 2005. Analisa dan Desain. Yogyakarta : Andi.
Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Sari, Ani Oktarini, Abdilah, Ari dan Sunarti. 2019. Web Programming. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 58 times
PDF downloaded = 57 times