SISTEM PREDIKSI HASIL PANEN TANAMAN RAMI PADA CV RABERSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

  • Ibnu Alif Utomo Universitas Sains Al-Qur'an
  • Muslim Hidayat Universitas Sains Al-Qur'an
  • Nahar Mardiyantoro Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Naïve Bayes, Tanaman Rami, Prediksi Panen, Blackbox, Probabilitas

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan prediksi hasil panen tanaman rami pada CV Rabersa. Dalam menentukan prediksi, metode yang digunakan yaitu menggunakan Metode Naïve Bayes. Dengan menggunakan Metode Naïve Bayes tentunya memerlukan atribut untuk melakukan perhitungan probabilitas. Dalam penelitian ini atribut yang digunakan yaitu curah hujan, pengairan, perawatan, suhu, dan intensitas cahaya. Dalam melakukan prediksi, prediksi dilakukan dengan cara menghitung probabilitas setiap nilai atribut, kemudian dari probabilitas tersebut dihitung probabilitas panen berhasil dan panen gagal. Selanjutnya membandingkan probabilitas panen berhasil dengan probabilitas panen gagal.

Hasil dari prediksi tersebut kemudian diimplementasikan kedalam sebuah sistem dan menjadi sistem prediksi hasil panen tanaman rami. Dengan menggunakan pengujian blackbox, Sistem Prediksi Hasil Panen Tanaman Rami telah sesuai dengan analisa perancangan dan bisa untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basit, A. (2020). Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Hasil Panen Padi. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 4(2), 208-213.
Fahlevi, A., Bachtiar, F. A., & Setiawan, B. D. (2018). Perbandingan Holt's dan Winter's Exponential Smoothing untuk Peramalan Indeks Harga Konsumen Kelompok Transportasi, Komunikasi dan Jasa Keuangan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), 6136-6145.
Musaddad, Mien Aminah. (2007). Agribisnis Tanaman Rami. Penebar Swadaya: Jakarta.
Subandi, M. (2011). Budidaya Tanaman Perkebunan (Bagian Tanaman Rami). Bandung: Gunung Djati Press .
Trisiana, L. S., Maideliza, T. M., & Mayerni, R. M. (2016). Kualitas serat lima klon tanaman rami (Boehmeria nivea L. GAUD). Eksakta, 1, 8-16.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 167 times
PDF downloaded = 98 times