PENGARUH HARGA, VOUCHER DISKON DAN GRATIS ONGKIR DI APLIKASI SHOPEE FOOD TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIXUE MALANG

  • Rina Irawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
  • Stefani Herlian N Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Keywords:
Harga, Voucher Diskon, Gratis Ongkir, Keputusan Pembelian.

Abstract

Kondisi bisnis saat ini pasca pandemi Covid 19 banyak konsumen yang memilih alternatif berbelanja makanan melalui online khususnya di Shopee Food. Mixue, salah satu usaha franchise minuman dari Cina yang baru saja masuk di Indonesia juga menggunakan aplikasi Shopee Food dalam menjual produknya. Mixue sering kali memberikan voucher diskon, potongan harga maupun gratis ongkos kirim pada aplikasi ini yang membuat lebih hemat dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, voucher diskon, dan gratis ongkir di Aplikasi Shopee Food terhadap keputusan pembelian Mixue. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasisiwa STIE Malangkucecwara angkatan 2019 dan 2020. Jumlah sampel 180 responden dengan metode purposive sampling. Metode analisis menggunakan Analisis Regresi. Hasil penelitian membuktikan bahwa harga, voucher diskon dan gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Mixue. Adapun variabel yang paling dominan adalah voucher diskon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali.
Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Amalia, R. D. ; Wibowo, S. 2019. Analisis Siaran Iklan dan Gratis Ongkos Kirim sebagai Tipu Muslihat di Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Shopee) Universitas Telkom. E-Proceeding of Applied Science, Vol 5. Nomor 2.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azlin, Nur, Husni Syahrudin, Heni Kuswanti. 2022. Pengaruh Tagline (Gratis Ongkir) Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 11, Nomor 3.
Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Duwi Priyatno. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media.
Endar Widjaya, Putra, Srikandi Kumadji, Edy Yulianto (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 38 No. 2 September 2016.
Geofakta Razali, Dessy Andamisari, Jun Saputra. 2022. Pengaruh Promosi Diskon dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, Volume 3, Nomor 2.
Ghozali, I. 2016 Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produkfashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kapriani, K., & Ibrahim, I. 2022. Analisis Pengaruh Diskon dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Grab Food pada Masa Pandemi. Jurnal of Management & Business, Volume 5, nomor 2.
Kurniasih Setyagustina, Rahmania, M. Joni, Abdul Kholik Winahyuni Dwi Suhitasari 2022. Pengaruh Potongan Harga (Diskon), Gratis Ongkir dan Sistem COD Terhadap Minat Berbelanja Online Di Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Economia, Volume 1, NOmor 3.
Larasati, I. D. 2023. Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mixue. Penelitian Dipublikasikan. https://eprints.ums.ac.id/108716/ Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Maulana, H.A., & Asra, Y. 2019. Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz : Jurnal Inovasi Bisnis, Volume 7 nomor 2, hal 162.
Risti, Lelyana Lidia, Mega Mirasaputri Cahyanti (2022). Pengaruh Diskon dan Penilaian Produk Mie Gacoan Malang Terhadap Keputusan Pembelian Online di Goofood. Jurnal Distribusi, Volume 10, Nomor 1.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Satyo, Maya Ferdina. 2013. Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Septyanto, D. 2016. Pengukuran Variabel Dalam Penelitian.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik 2015 Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta:Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Themba, Orfyanny S., 2021. Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah MEA. Volume 5, nomor 3.
Wirawan, S. P. 2019. Analisis Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Perilaku Pembelian Produk Kebutuhan Sehari-hari (Studi pada Indogrosir Jalan Magelang). Journal Competency of Business, 3(Ii), 80–97.
Yoeliastuti, Evalina Darlin, Eko Sugiyanto (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, Volume 10, nomor 2.
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 39 times
PDF downloaded = 43 times