PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STARBUCKS KOTA PALEMBANG

  • Angelika Wijaya Universitas Katolik Musi Charitas
  • Valensia Sopian Universitas Katolik Musi Charitas
Keywords:
Green Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini untuk mengkaji green marketing dan brand awareness dalam keputusan pembelian produk Starbuck di Kota Palembang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form kepada 104 responden. Purposive sampling digunakan dalam menentukan sampel dengan syarat responden pernah mengkonsumsi Starbucks minimal tiga kali. Penelitian Kuantatif menjadi jenis penelitian yang digunakan, dimana IBM SPSS Statistics 25 merupakan alat yang membantu untuk mengelola data. Dalam Menganalisis data ini, Peneliti menggunakan uji kualitas instrumen yaitu validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinearitas, heteroskeda-tisitas, dan regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis dengan uji t. Hasil dari Penelitian ini menyatakan bahwa green marketing memiliki Pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Starbucks Kota Palembang, lalu hasil yang kedua menyatakan bahwa brand awareness tidak memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian Starbucks Kota Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiat, A. (2023). 10 Negara Penghasil Sampah Terbesar di Dunia, Ada Indonesia. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/26/10-negara-penghasil-sampah-terbesar-di-dunia-ada-indonesia
Annur, C. M. (2023, March 13). 10 Provinsi Penghasil Sampah Terbanyak 2022, Jawa Tengah Teratas. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/13/10-provinsi-penghasil-sampah-terbanyak-2022-jawa-tengah-teratas
Anugrah, M. F. (2014, June 4). 500 Gerai Starbucks Raih Sertifikasi Green Building. https://economy.okezone.com/read/2014/06/04/471/993991/500-gerai-starbucks-raih-sertifikasi-green-building
Building Greener Stores. (n.d.). Starbucks.Co.Id. Retrieved October 7, 2023, from https://www.starbucks.co.id/responsibility/environment/green-building
Komparasi Brand Index Kategori Retail dan Sub Kategori Cafe Kopi. (2023). Topbrand-Award.Com. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=554
Putra, A. Y., & Ika, A. (2021, February 1). Sampah di Palembang Tembus 1.200 Ton Per Hari, Terbanyak dari Area Pasar. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2021/02/01/19472511/sampah-di-palembang-tembus-1200-ton-per-hari-terbanyak-dari-area-pasar
Sabiila, S. I. (2022, September 15). 10 Negara Penghasil Sampah Terbesar di Dunia, Duh Indonesia Termasuk! . Sonora.Id. https://www.sonora.id/read/423479833/10-negara-penghasil-sampah-terbesar-di-dunia-duh-indonesia-termasuk
Sorongan, S., Lapian, J., & Soepono, D. (2022). Analysis Of Green Marketing In Unsrat Micro, Small Andk Medium Enterprises On Consumer Purchase Desicisions. In 330 Jurnal EMBA (Vol. 10, Issue 1).
Upadana, M. wahyu K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p14
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 23 times
PDF downloaded = 16 times