PENGARUH DISKON, PROMOSI PENJUALAN, GRATIS ONGKOS KIRIM DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI SHOPEE (STUDI KASUS KONSUMEN SHOPEE DI KABUPATEN REMBANG)

  • Wahyu Agus Santoso Universitas YPPI Rembang
  • Syaiko Rosyidi Universitas YPPI Rembang
Keywords:
Discounts, Sales Promotions, Free shipping, Product reviews, Purchase Decisions.

Abstract

Pengujian ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh diskon, sales promotion, gratis ongkos kirim dan reviews product kepada keputusan pembelian online pada Shopee. Populasi pada pengujian tersebut yaitu konsumen yang pernah melakukan pembelian dan orang yang pernah melakukan pembelian pada saat gratis ongkos kirim di Kabupaten Rembang yang mempunyai aplikasi dan pernah melakukan transaksi di aplikasi Shopee. Teknik sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanayak 100 responden. strategi analisis database yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel diskon, sales promotion, gratis ongkos kirim dan ulasan produk berpengaru positif signifikan kepada keputusan pembelian online di Shopee. Value Adjusted R Square sebesar 0,843 atau 84,3% sebagaimana variabelitas variabel terikat yaitu keputusan pembelian online dapat dijelaskan oleh variabel bebas yang meliputi diskon, promosi penjualan, gratis ongkos kirim dan ulasan produk sebesar 84,3%, sedangkan 15,7% oleh variasi lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Ghofur Ainun Najib1, A. N. A. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN PRODUKTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUIAPLIKASI SHOPEE. Sintax Fusion, 2(01).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 (7th ed.). Badan Penerbit Undip.
Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.
Kotler, P. & G. A. (2015). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1 (kesembilan). Erlangga.
Kotler, P. & K. K. (2016). Marketing Management (15 (ed.); Erlangga). Erlangga.
Pradika Muthiya Shafa, J. H. (2020). THE INFLUENCE OF PRICES , PRODUCT REVIEWS , AND PAYMENT METHODS ON PURCHASE DECISIONS IN ONLINE SHOPPING THROUGH THE SHOPEE APPLICATION ( Case Study on Shopee Application Users in Bekasi ). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–17.
Putra, D. A., & Wardhani, N. I. K. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di UD. Bintang Banggle. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 42–47.
Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132
Safitri, D. D., & Patrikha, F. D. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Online Marketplace ( Studi Pada Konsumen di Surabaya ). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1020–1026. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36016
Saputri, C. C., & Dharasta, M. A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Melalui Traveloka (Studi Pada Taruna/I Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta). Media Online) Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan, 5(1), 09–22.
Sari, F. P., & Kurniawan, R. (2022). Pengaruh Promosi, Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Simposium Manajemen Dan Bisnis (SIMANIS), 1(1), 464–474.
Sugiyono. (2016). ‘Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D.’ Alfabeta.
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 44 times
PDF downloaded = 30 times