SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI HAFLAH JUZ-AMMA PPTQ AL-ASY’ARIYYAH MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART)

  • Saifu Rohman
  • Nulngafan Nulngafan Universitas Sains Al-Qur'an
  • Basuki Nurkhalim Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Haflah, SMART

Abstract

Sistem pendukung keputusan seleksi haflah juz-amma di PPTQ Al-Asy’ariyyah ini di latar belakangi berdasarkan hasil penelitian peneliti masih mengalami kendala, diantaranya proses pengolahan nilai dan pencatatanya masih manual , yang tentunya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dan kurang objektif dalam mengambil keputusan hasil seleksi santri yang layak untuk mengikuti kegiatan haflah khotmil qur’an kategori juz-amma. Permasalahan peneliti adalah bagaimana cara membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang berfungsi sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam kasus menyeleksi santri yang layak atau tidak layak untuk mengikuti kegiatan haflah kategori juz-amma, untuk mendapatkan hasil sesuai dengan harapan tentunya Pondok Pesantren harus mempunyai sistem yang tepat agar tercipta hasil yang lebih efektif dan objektif. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu Pondok Pesantren terutama panitia pemilihan untuk memutuskan santri mana yang layak atau tidak yang layak yang akan dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Simple Multi Attributte Rating Technique (SMART) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Hal ini dikarenakan metode SMART mampu memberikan penilaian secara fleksibel dan tepat. Metode SMART juga dapat memperluas pengambilan keputusan dalam memproses data / informasi untuk pengambilan keputusan. Pada sistem pendukung keputusan ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Sistem ini dapat membantu Pondok Pesantren atau panitia pemilihan dalam mengelola data nilai santri dan dapat memberi solusi dalam pemilihan pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermawan, J. 2005. Membangun Decision Support System. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Nasution, A. J. (2019). sistem pendukung keputusan menggunakan metode simple multi attribute rating techinuqe (smart) untuk penilaian kinerja karyawan pada pt. Trans engineering sentosa. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 8(1), 143-148.
Rudianto, R. (2019). Decision Support System Recommended for Position Increased at PD. Air Minum Jaya By Using SMART Method. JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING, 3(1), 134-141.
Sukamto, S., Andriyani, Y., & Lestari, A. (2020). Sistem pendukung keputusan penerima beasiswa bidikmisi menggunakan metode smart. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 6(3), 285-292.
Suryanto and M. Safrizal, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique),” J. CoreIT, vol. 1, no. 2, pp. 25–29, 2015.
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 102 times
PDF downloaded = 98 times