PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SOMETHINC (STUDI KASUS KASUS MAHASISWA JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA POLITEKNIK NEGERI MEDAN)

  • Anathasya Wira Gusti Rani Sipahutar Politeknik Negeri Medan
  • Enda Yunita Surbakti Politeknik Negeri Medan
  • Annalisa Sonaria Hasibuan Politeknik Negeri Medan
Keywords:
Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian produk Skincare Somethinc. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Negeri Medan. Adapun jumlah responden terdiri dari 100 orang, dengan teknik pengambilan sampel random sampling dan penentuan sampel menggunakan rumus slovin.

Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji signifikan (uji t dan uji f) dan uji determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Merek dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skincare Somethinc baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable Citra Merek dan Kualitas Produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar sebesar 26,9%,  sedangkan sisanya sebesar 73,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angraeni, S. (2020). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kotasemarang). Ejournal.Unida.Gontor.Ac.Id/Index.Php/Altijarah/Article/View/5612/9276, 100.
Cardia, S. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan . E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 11, 2019 : 6762-6781, 6765.
Chaniago. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Pada Loyalitas. International Journal Administration, Business And Organization, 2020, Vol. 1 (2), 2020, 62.
Dr. Teddy Chandra, S. M. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction,Dan Consumer Loyalty: Tinjauan Teoritis. Malang: Cv Irdh.
Fahmi. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhikepuasan Pelanggan: Citra Merek, Lokasidan Kualitas Produk. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 568.
Fauzan, R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki . Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 107.
Firmansyah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek Terhadap, 3.
Indra, W. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol. 4 No.1, 76.
Indah, A. M. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand And Body Lotion Vaseline. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 83.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press.
Kotler Dan Armstrong. (2022). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia Stie Widya Wiwaha, 580.
Khoirunnisa, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Nivea. Bussman Journal : Indonesian Journal Of Business And Management, 240.
Mardiasih. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar. Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 5.
Pratiwi, R. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu. Prosiding Biema Business Management, Economic, And Accounting National Seminar, 383.
Santoso, W. D. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitasterhadap Minat Beli Produk Private Label. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 89.
Setyani, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada Pt. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 95.
Setiawati, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Pada Konsumen Di Metro The Park Solo. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, 231.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono Fandy (2020). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Penerbit Andi. Yogyakarta
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 1143 times
PDF downloaded = 599 times