ANALISIS USABILITY USER EXPERIENCE PADA WEBSITE AXIE ZONE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)
Usability, User experience, metode System Usability Scale (SUS)
Abstract
Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, penyebaran informasi terjadi begitu cepat dan mudah melalui media online, seperti website AXIE ZONE pemain game Axie Infinity akan dipermudah dalam mencari Axie yang memiliki kualitas baik agar bisa bersaing di papan peringkat dunia, website AXIE ZONE akan membantu memberi informasi tentang pemilihan kartu axie secara detail baik morale, healt, speed dan skill, selain itu AXIE ZONE juga memberikan informasi jajaran peringkat dunia yang bisa ditiru penggunaan kartu dan kemampuan Axie itu sendiri. Dalam mengukur usability pada website AXIE ZONE di perlukan metode yang di gunakan dalam menganalisis sebuah sistem atau website, metode yang di gunakan dalam analisis ini yaitu metode System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian dari respon pengguna dengan metode System Usability Scale (SUS) adalah skor pada grade D- dengan klasifikasi tersebut menunjukkan pengguna menilai website AXIE ZONE kurang baik dalam Klasifikasi sifat (adjectives) dan juga website AXIE ZONE tidak dapat diterima (Not acceptible). Sedangkan untuk nilai persentase yang di hasilkan dari nilai SUS adalah 49.85 berada pada rentang 25% - 50%. Maka dari itu, diharapkan nantinya bisa menjadi masukan atau pengembangan website AXIE ZONE kedepannya.
Downloads
References
Lengkong, O., Kom, S., Ds, M., Tumewu, M. D., & Lumintang, N. T. T. (2021). Analisis Usability Pada Aplikasi M-Commerce Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan USE (Usefulness, Satisfaction, Ease of Use) Questionnaire. CogITo Smart Journal, 7(1), 182-192.
Lubis, B. O., Salim, A., & Jefi, J. (2020). Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal Saintekom, 10(1), 65-76.
Sembodo, F. G., Fitriana, G. F., & Prasetyo, N. A. (2021). Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS). Journal of Applied Informatics and Computing, 5(2), 146-150.